Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Kota Probolinggo

Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Kota Probolinggo – Probolinggo merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur yang menempati peringkat keempat dari segi jumlah penduduk. Letaknya yang berada di pesisir utara Pulau Jawa menjadikannya tempat yang sangat strategis sekali bagi orang-orang yang mencari destinasi wisata terbaik. Probolinggo memiliki sebuah potensi wisata yang cukup besar, mulai dari wisata alam, sejarah, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Terbaik
Tempat Wisata Terbaik

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Kota Probolinggo

Gunung Bromo

Tempat Wisata Terbaik Gunung Bromo adalah ikon Jawa Timur. Lokasinya meliputi empat wilayah, yaitu Probolinggo, Malang, Lumajang, dan Pasuruan. Gunung aktif setinggi 23.392 m di atas permukaan laut ini memiliki bentang alam yang indah. Ngarai dan lembah mengelilingi gunung dengan hamparan pasir sepanjang 10 km. Anda bisa menikmati Gunung Bromo dari beberapa titik. Spot-spot ini konon merupakan spot untuk menyaksikan matahari terbit.

Tempat wisata ini buka selama 24 jam dan dapat ditempuh dari beberapa jalur. Namun, yang paling favorit adalah melalui Probolinggo. Dari lokasi ini Anda harus menuju pertigaan Tongas dan melanjutkan perjalanan menuju Lumbang hingga tiba di Sukapura. Perjalanan dilanjutkan menuju Desa Cemoro Lawang sebagai pintu masuk kawasan wisata Gunung Bromo.

Harga tiketnya Rp27.500,00 pada hari biasa dan Rp32.500,00 pada hari libur untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, harga tiketnya Rp217.500,00 pada hari biasa dan Rp317.500,00 pada hari libur. Harga yang tertera telah termasuk harga tiket dan asuransi.

Puncak B29

Puncak B29 merupakan salah satu titik observasi untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Tempat wisata ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di perbatasan Argosari, Senduro, dan Lumajang dengan Ngadirejo, Sukapura, dan Probolinggo. Nama B29 berarti Bromo 29 karena puncak ini berada di ketinggian 2.900 m di atas permukaan laut.

Tempat wisata ini buka selama 24 jam dan ramai pada pagi dan sore hari karena wisatawan akan berduyun-duyun untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Di lokasi ini, Anda bisa melihat Gunung Bromo dengan lautan pasirnya yang indah membentang di sepanjang jalan.

Keindahannya yang diperbesar dengan kombinasi awan putih dan kabut yang telah menutupi sebagian gunung juga bisa dilihat dari B29. Pemandangannya luar biasa, seperti di negeri di atas awan. Anda hanya perlu membayar Rp5.000 untuk mendapatkan akses ke lokasi.

Apa Saja Tempat Wisata Terbaik yang Ada di Kota Probolinggo?

Tempat observasi yang satu ini agak jauh dari tempat observasi lainnya. Anda bisa mencapai lokasi ini dari Argosari, Lumajang, atau Ranupani. Jika melalui Ranupani sebaiknya menggunakan sepeda atau sepeda motor, atau berjalan kaki karena jalurnya berupa tebing kaldera.

Sabana

Sebuah sabana hijau dihiasi dengan bukit-bukit indah terletak di bagian selatan Gunung Bromo. Bentuk bukit ini mirip dengan bukit yang kita lihat di ‘Teletubbies’, sehingga bukit ini disebut ‘Bukit Teletubbies’ atau ‘Bukit Teletubbies’. Sebagian orang lain juga menyebutnya Lembah Jemplang.

Anda bisa berjalan-jalan atau menyewa jeep untuk sampai ke sana. Minta sopir untuk mengantar ke Puncak Penanjakan atau Bukit Kingkong agar Anda bisa menikmati keindahan Gunung Bromo. Juga, jangan lupa untuk mengambil gambar dari setiap sudut pemandangan yang menakjubkan.

Air Terjun Madakaripura

Jika Anda berada di kota Probolinggo, jangan pernah melewatkan Air Terjun Madakaripura yang sangat fantastis. Terletak di Branggah, Negororejo, Lumbang. Ketinggiannya mencapai 200 meter dan menjadikannya air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Dari ketinggian, aliran air jatuh ke tanah melalui perbukitan hijau yang dihiasi dengan sudut yang eksotis. Airnya begitu jernih dan segar. Udara yang ada di sekitar area ini sejuk dan memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Berdekatan dengan air terjun terdapat goa yang dipercaya sebagai tempat Gajah Mada mengasingkan diri. Dari Probolinggo, Anda harus menuju Tongas sebelum mencapai Madakaripura dan akan disuguhi dengan berbagai perbukitan yang curam dan pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan. Harga tiket Tempat Wisata Terbaik Air Terjun Madakaripura hanya Rp5000,00, dan lokasi yang satu ini buka dari jam 8 pagi hingga 7 malam setiap hari.

Tinggalkan komentar