Wisata Alam Air Terjun Dalam Gua di Yogyakarta

Wisata Alam Air Terjun Dalam Gua di Yogyakarta

Wisata Alam Air Terjun Dalam Gua di Yogyakarta. Selain D.I.Yogyakarta terkenal dengan sebutan kota gudeg dan kota pelajar, Kota Jogja juga terkenal dengan kota yang memiliki obyek wisatanya berfariatif. Diantaranya adalah wisata kuliner, wisata budaya maupun wisata alamnya yang sungguh indah dan menakjubkan.

Berbicara mengenai obyek wisata alam yang ada di D.I. Yogyakarta, ada banyak sekali obyek wisata yang patut Anda kunjungi ketika sedang berlibur di Kota Gudeg ini. Namun, obyek wisata alam merupakan andalan bagi wisatawan asing maupun wisatawan lokal saat bertandang ke kota Jogja.

Mungkin bagi Anda yang menginginkan liburan Anda di Yogyakarta lebih berkesan, ada pilihan wisata alam yang menarik dan sedikit menantang. Yaitu berwisata dan menikmati keindahan Air Terjun Bawah Tanah yang indah dan menakjubkan.

Berikut ini adalah daftar Gua yang memiliki air terjun didalamnya yang bisa Anda kunjungi di Yogyakarta :

  1. Air Terjun Gua Seropan ( Gunungkidul, D.I.Y )

Gua Seropan

Wisata alam ini terbentuk dengan kedalaman 60 meter di bawah permukaan tanah dan memiliki panjang 888 meter dari bibir gua. Memiliki air terjun setinggi 7 meter didalamnya.

Alamat Gua Seropan terletak di Desa Semuluh, Kecamatan Semaun, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.Lokasi ini memiliki pemandangan yang indah dan mampu memukau wisatawan yang berkunjung ke wisata alam ini.

 

  1. Air Terjun Gua Pule Jajar ( Gunungkidul, D.I.Y )

Gua Pule Jajar

Gua pule jajar terletak di Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Jepitu, Kec. Giri Subo. Lokasi wisata air terjun dalam gua ini berdekatan dengan obyek wisata alam pantai Wedi Ombo. Jika dari Ibu Kota Yogyakarta, jarak yang harus ditempuh sekitar 78 kilometer.

Salah satu daya tarik dari Gua Pule Jajar ini adalah sungai bawah tanah yang berarus deras dan memiliki air terjun setinggi 5 meter. Akses pintu masuk dalam mulut gua berupa celah vertikal yang berukuran sedikit sempit. Semakin menjorok ke dalam, lorongnya semakin bertambah sempit, pengap, dan berlumpur.  Lorong akses masuk itu berujung di lorong utama yang luas dan dialiri sungai yang berarus deras. Dari sungai tersebut, perjalanan untuk menuju wisata alam air terjun Pule jajar tinggal 10 menit lagi.

 

  1. Air Terjun Gua Cerme / Air Terjun Grojogan Sewu ( Bantul, Yogyakarta )

Gua Cerme

Selain Gua Seropan dan Gua Pule Jajar, Yogyakarta juga masih memiliki obyek wisata alam air terjun bawah tanah dengan pemandangan yang eksotis lainya, yaitu Air Terjun Gua Cerme. Gua Cerme terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri. Jika melalui akses Ibu Kota Yogyakarta kurang lebih berjarak 22 kilometer.

Gua cerme memiliki panjang 1.300 meter dan memiliki dua pintu masuk. Dan didalam gua terdapat air terjun yang diberi nama Air Terjun Grojogan Sewu. Anda pasti akan merasa takjub dan kagum melihat keindahan wisata alam Gua dengan Air Terjun Grojogan Sewu yang indah mempesona.(Adelia)

You May Also Like

One comment on “Wisata Alam Air Terjun Dalam Gua di Yogyakarta”

  1. Pingback: Pelesir ke Banyumas, Ini 4 Tujuan Wisata Alam yang Mantap – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *