Umbul Ponggok, Objek Wisata Air Tawar yang Harus Dicoba

Umbul Ponggok, Objek Wisata Air Tawar yang Harus Dicoba

Umbul Ponggok, Objek Wisata Air Tawar yang Harus Dicoba. Objek wisata yang bisa dikatakan baru di Klaten, Jawa Tengah. Adalah Umbul Ponggok, wisata air tawar yang menawarkan sensasi yang berbeda dengan yang lainnya. Apa yang membuatnya berbeda yuk kita simak sedikit info di web ini mengenai lokasi, peta serta info lainnya.

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata di Klaten Jawa Tengah, yang sekarang ini lagi rame ramenya. Nama objek wisata ini terdiri dua kata Umbul yang berarti mata air dan Ponggok adalah nama sebuah desa. Jadi jika diartikan secara langsung mempunyai arti mata air yang berada di desa Ponggok. Alamatnya berada pada jalan Ponggok – Polanharjo, Klaten. Untuk menuju lokasi umbul ini, kita bisa dari Jogja menuju ke Klaten, Setelah melewati kota Klaten, di kanan jalan ada terminal Penggung. Terminal Penggung terdapat pada simpangan Traffic light menuju desa Ponggok, Wisatawan ambil jalan arah kekiri lalu lurus terus ikuti jalan sampai bertemu markas Koramil disebelah kiri jalan. Dari pertigaan tersebut kita belok kanan, dan kembali mengikuti jalan dan sekitar 2 kilometer, kita akan menemukan Umbul Ponggok yang terdapat dipinggir jalan.

Tempat ini berupa mata air yang dijadikan sebagai kolam besar yang bisa dijadikan tempat untuk snorkeling, berenang ataupun diving. Di objek wisata ini kita bisa melakukan hal tersebut karena disediakan tempat penyewaan alatnya seperti Snorkel, kaki katak dan juga pelampung. Jadi anda yang tidak bisa berenang, jangan khawatir untuk mencoba menceburkan diri ke kolam ini. Seperti snorkeling pada umumnya di laut, di Umbul Ponggok ini juga kita bisa melihat keindahan ikan. Tentunya ikan yang ada disini adalah ikan air tawar. Beberapa jenis ikan sengaja dipelihara di kolam sedalam kurang lebih sampai 2.5 meter ini. Selain itu juga ditempatkan beberapa batu dan pasir didasar kolam yang menambah keindahan. Air yang jernih akan membuat kita bisa menikmati pemandangan yang menarik dibawah air.

Selain penyewaan alat-alat untuk snorkeling, terdapat juga penyewaan bungkus / casing tahan air untuk smartphone dan juga loker untuk menyimpan barang bawaan anda saat menyelam. Dan juga kamera underwater jika anda tidak membawa handphone untuk memotret keindahan bawah air Umbul Ponggok. Selain itu juga di objek wisata ini terdapat jasa foto untuk prewedding didalam air dan juga pernak pernik tambahan seperti sepeda, TV beserta stik playstation yang tentunya hanya untuk properti foto di dalam air. Untuk foto pre wedding sendiri pada saat menanyakan pada salah satu tempat penyewaan disitu, mematok satu setengah juta dan itu belum dengan pakaiannya yang bisa kita bawa sendiri dari rumah.

Harga tiket masuk wisata ini sebesar Rp.5000/orang. Dan pada saat admin ke objek wisata Umbul Ponggok ini berikut beberapa harga sewa alat:

  • Masker / Snorkel = Rp.10000
  • Pelampung = Rp. 5000
  • Kaki Katak = Rp. 5000
  • Kamera underwater setengah jam / satu jam= Rp. 60.000 / 100.000 (wk)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *