Uji Adrenalin di Gondola Tradisional Pantai Timang Yogyakarta

Uji Adrenalin di Gondola Tradisional Pantai Timang Yogyakarta

Uji Adrenalin di Gondola Tradisional Pantai Timang Yogyakarta – Salah sastu wisata di Jogja yang terkenal akan keindahan pantainya. Bukan pantai yang seperti pada umumnya, namun pantai yang unik juga ada. Tempat wisata berupa pantai unik ini akan Anda temukan di Pantai Timang. Pantai Timang ini kondisinya mirip seperti pantai-pantai selatan pada umumnya: berombak besar dan bertebing curam serta berkarang-karang. Yang istimewa, di pantai ini terdapat gondola tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu biasa yang terpasang untuk dipakai bagi  Anda yang tertantang untuk menaikinya sampai pulau karang di seberang pantai. Gondola ini biasa dipakai oleh para nelayan untuk mencari lobster di pulau karang dengan ombak setingnggi minimal 5 meter itu.

Gondola pantai timang

Lokasi Pantai Timang itu berada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Akses menuju pantai ini dapat melalui jalur utama Jepitu – Tepus dan mulai masuk jalan kampung di pertigaan Wingangun /Nangun (pertigaan ini 50 meter sebelah barat dari pertigaan kalau mau ke pantai Siung), kemudian nanti ada papan petunjuk kecil menuju Pantai Timang.

Gondola pantai timang - lobster

Gondola kayu yang ada di Pantai Timang bukanlah fasilitas penunjang wisata yang disediakan oleh pemerintah Gunung Kidul. Pada awalnya untuk menyeberang menggunakan kereta gantung ini gratis, namun melihat potensi yang ada, kemudian warga setempat mengkomersilkannya. Untuk sekali menyeberang, warga mematok biaya sebesar Rp 200.000. Lumayan mahal sih, namun harap dimaklumi untuk menarik kereta gantung diperlukan tenaga yang banyak serta keahlian khusus. Dijamin, pengalaman yang didapat lebih berharga dari nominal uang yang dibayarkan tersebut.

Gondola pantai timang2

Jika Anda tidak ingin kelaparan atau haus saat perjalanan menuju Pantai Timang, sebaiknya Anda membawa bekal yang bisa dibawa sejak awal dari Jogja atau membelinya di Wonosari yang relatif masih mudah menemukan mini market.

Gondola pantai timang

Buat Anda yang takut nyasar, memanfaatkan GPS di smartphone untuk menemukan Pantai Timang cukup membantu. Masukan saja koordinat pantai S8°10’36” E110°39’44”(-8.1760078,110.6652895) di Google Map atau aplikasi penunjuk jalan favoritmu. Tentu saja, melihat papan penunjuk arah dan bertanya ke warga sekitar masih tetap diperlukan demi keakuratan.

Bagaimana? berminat untuk datang kesini?

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *