Sail Karimata Jadi Potensi Wisata Kayong Utara

Sail Karimata Jadi Potensi Wisata Kayong Utara

Sail Karimata Jadi Potensi Wisata Kayong UtaraPotensi wisata di Kabupaten Kayong Utara sejatinya sangat banyak dan menjanjikan. Sayangnya sampai saat ini potensi wisata itu belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat karena terbatasnya anggaran.

Wisata yang terdapat di kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Ketapang tersebut antara lain, Pantai Pulau Datuk, Pantai Rimba Rawang, Pantai Pasir Mayang, Pulau Karimata, air terjun Lubug Baji, air terjun Karimata dan lain sebagainya. Sail Karimata diharapkan bisa menjadi alternatif untuk mengangkat potensi wisata yang belum tergarap. Dengan harapan ada pembenahan insfrastruktur dan bisa lebih terekspos ke daerah luar.

Sail Karimata sudah positif akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Sekarang tinggal pembenahan insfrastruktur yang akan menjadi tujuan,” kata Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid.

Pantauan di lapangan aktifitas perbaikan sudah mulai tampak dilakukan di kawasan pusat kegiatan Sail Karimata. Khususnya di Pantai Pulau Datuk, terlihat alat berat sudah melakukan penggusuran lahan di kawasan itu.

Namun demikian untuk kawasan pantai penataannya belum terlihat sama sekali. Fasilitas bermain anak-anak dan langkau tempat santai pengunjung masih terlihat kurang terawat. Demikian halnya dengan kebersihan pantai yang belum terjaga karena masih banyak sampah bertebaran. Sehingga terkesan kumuh.

Kabupaten Kayong Utara memiliki 5 kecamatan dengan Sukadana sebagai ibu kota. Empat kecamatan lainnya yakni Kecamatan Pulau Maya Karimata, Kecamatan Simpang Hilir, Kecamatan Teluk Batang, dan Kecamatan Seponti. Untuk bisa menjangkau wilayah Sukadana yang rencananya akan dijadikan pusat kegiatan Sail Karimata, dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan menggunakan speed boat dari Kota Pontianak.

Namun jika menggunakan kapal kelotok membutuhkan waktu tempuh 12 jam dari Pelabuhan Rasau Jaya sampai ke Pelabuhan Teluk Batang. Perjalanan dilanjutkan melalui darat kurang lebih 1.30 jam. (tribunnews)

Baca juga:

2 comments on “Sail Karimata Jadi Potensi Wisata Kayong Utara”

  1. Pingback: Ini Tujuan Wisata Indonesia yang Dipromosikan Di Korsel – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Menikmati Kecantikan Pantai Walakiri di Pelosok Sumba – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *