Resep Sambal Oncom Khas Sunda

Resep Sambal Oncom Khas Sunda
Resep Sambal Oncom Khas Sunda – Oncom merupakan salah satu panganan khas Indonesia yang sangat terkenal di daerah Jawa Barat. Panganan jenis ini merupakan hasil fermentasi yang cara pengolahannya mirip dengan pengolahan tempe. Yang membedakan antara oncom dan tempe yaitu jenis bahan dasar yang digunakan ketika diolah, kalau oncom menggunakan kacang tanah yang dihaluskan kemudian diberi ragi oncom, sedangkan tempe menggunakan kedelai yang diberi ragi tempe.
Di daerah Jawa Barat oncom sering diolah menjadi suatu jenis makanan pelengkap sepertisambal oncom. Untuk membuat sambal oncom tidaklah sulit. Adapun cara membuatnya sebagai berikut :
resep sambal oncom khas sunda
Bahan-bahan :
1. 200 gram oncom (potong-potong kasar).
2. 7 buah cabai merah keriting (bakar sejenak).
3. 4 siung bawang merah (bakar sejenak).
4. 3 siung bawang putih (bakar sejenak).
5. 1 ruas kencur kira-kira 2 cm (bakar sejenak).
6. 7 batang daun kemangi (iris halus).
7. 1 ½ sdm air asam jawa.
8. 1 sdt garam halus.
9. 1 sdm gula merah (sisir halus).

Cara membuat :

  • Pertama, ulek bahan-bahan seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, garam halus, serta gula merah. Kemudian tambahkan pula air asam jawa lalu ulek hingga semua bahan halus.
  • Selanjutnya, panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama dengan oncom dan daun kemangi sambil diaduk hingga rata. Masaklah semua bahan sampai matang.
  • Setelah matang lalu angkat dan tiriskan sambal oncom.

Sajikan sambal oncom sebagai hidangan pelengkap nasi beserta lauk pauk lainnya. Selamat mencoba resep dan cara membuat sambal oncom gurih khas Jawa Baratini. Semoga resep ini dapat membantu ibu-ibu dirumah untuk belajar bagaimana cara membuat sambal oncom. (kulinerbee)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *