Resep Pecak Gurame Khas Betawi Yang Mulai Langka

Resep Pecak Gurame Khas Betawi Yang Mulai Langka

Resep Pecak Gurame Khas Betawi Yang Mulai Langka – Tak pelak, kota Metropolis sudah menjadi seperti Salad bowl, karena terdiri dari beragam suku yang campur plek menjadi satu. Kaum pendatang yang mengadu nasib ke ibu kota, tak hanya  sekedar mencari rezeki di Jakarta namun juga membawa ikon budaya dari daerahnya masing-masing. Jika Anda tinggal di Jakarta, pasti beragam kuliner tradisional daerah yang ada di Indonesia, bisa dengan mudah Anda jumpai. Sayangnya, pada waktu yang sama, masakan khas Betawi justru semakin terpinggirkan.

Kita semakin kesulitan untuk mencicipi kuliner khas masyarakat Betawi, yang notabene adalah warga asli kota Jakarta sendiri. Mungkin kita masih mendengar gaung kulinernya yang masih tetap eksis di tengah kota, seperti Kerak Telor, Nasi Uduk dan Soto Betawi.

Tetapi kuliner Betawi masih menyimpan pusaka kulinernya yang wajib Anda ketahui, yaitu Pecak Ikan Gurame. Sebenarnya pecak dalam kuliner Jawa adalah proses mengolah makanan dengan cara di tekan dengan ulekan atau cobek.

Dalam budaya kuliner Betawi, ikan yang berkelas justru adalah ikan bandeng, oleh karena itu bandeng tidak hadir dalam menu betawi yang disantap untuk sehari-hari. Di Betawi ada dua jenis masakan pecak, yakni versi kuah dengan sambal kacang dan versi sambal bening. Kalau dahulu, biasanya ikan gabus yang menjadi primadonanya untuk dijadikan pecak. Namun, akibat berkurangnya populasi gabus, maka gurame atau ikan lainlah yang menjadi penggantinya.

Jika Anda penasaran dengan rasa kuah pecak gurame, Anda bisa membuat sendiri dirumah. Untuk disajikan sebagai lauk pauk yang bisa disantap bersama keluarga tercinta dirumah. Seperti apa? Berikut resep cara membuat Pecak Ikan Gurame khas Betawi yang sumbrah banget rasanya. Sumrah dalam bahasa betawi memiliki arti semua bumbu bercampur menjadi satu. Sehingga menghasilkan citarasa yang lezat dan tak ada bandingannya. (jitunews)

pecak gurame khas betawi2

Bumbu:
1 ekor gurame segar yang besar
3 siung bawang putih
9 siung bawang merah
1 ruas jahe
11 cabe merah
3 buah cabe rawit
1 ½  buah asam muda
1 buah tomat segar
Terasi
Gula
1 setengah jeruk limun
1 sendok teh lada
Air mineral secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Bersihkan dulu ikan gurame dari sisiknya
2. Bersihkan juga isi perut gurame sampai bersih lalu bilas ikan dengan air
3. Goreng gurame sampai matang
4. Haluskan bumbu-bumbu sperti bawang putih, bawang merah, dan garam, cabe merah dan cabe rawit dan yang lainnya
5. Tumis bumbu yang sudah di haluskan sampai mengeluarkan aroma yang harum
6. Tambahkan air kemudian masukan lada, jeruk lemon, aduk sampai masak
7. Masukan gorengan gurame yang sudah di goreng kedalam bumbu-bumbu yang sudah di tumis
8. Aduk bumbu tadi diatas gurame, usahakan gurame tidak sampai hancur
9. Pecak gurame khas betawi siap disajikan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *