Resep Kaledo Makanan Lezat Khas Palu

Resep Kaledo Makanan Lezat Khas Palu

Resep Kaledo Makanan Lezat Khas Palu – Kaledo merupakan salah satu masakan traditiona khas Palu yang sangat terkenal dan sudah memiliki nama di dunia perkulineran Indonesia. Makanan ini terbuat dari kaki sapi/lembu sebagai bahan baku utamanya. Bisa dikatakan kaledo ini adalah sup kaki sapi, karena memang masakan ini mirip dengan sup pada umumnya. Namun yang membedakan danmembuat kaledo menjadi istimewa terletak pada bumbu rahasianya yang menggunakan asam jawa yang masih muda sebagai bumbu campurannya. Masakan ini menjadi lebih menarik karena dalam menyantapnya kita diharuskan menggunakan garpu, pisau, pipet atau sumpit yang bertujuan mengeluarkan isi rongga-rongga sapi atau yang biasa dikenal dengan nama sum-sum. Nah, sum-sum inilah yang paling enak dan lezat dari tulang sapi tersebut. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaledo ini tidaklah sesulit yang dibayangkan, cukup sederhana dan dijamin anda bisa membuatnya sendiri. Berikut informasi lengkap membuat kaledo khas palu yang enak dan lezat. (situkangmasak)

Kaledo khas palu

Bahan-Bahan Membuat Kaledo Khas Palu :

  • 1 kilogram kaki sapi (kaledo : kaki lembu donggala : tulang kaki berdaging)
  • 2 liter air
  • 5 buah asam jawa mentah, cuci bersih
  • 2 sdt garam
  • Bawang merah goreng sebagai taburan
  • 20 buah cabe rawit merah, di tumbuk kasar
  • 1 butir jeruk nipis, ambil air perasannya

Cara Membuat Membuat Kaledo Khas Palu :

  1. Bakar kaki sapi/lembu sampai kehitaman dan pastikan semua bulu-bulunya habis. Angkat.
  2. Selanjutnya keruk bagian kaki luar sapi sampai bersih dan sampai tampak lapisan kulit yang agak berwarna putih.
  3. Kemudian rebuslah kaki sapi/lembu beberapa kali dengan mengganti air rebusannya sampai bersih dan tidak berlemak. Angkat daging dan potong-potong sesuai selera.
  4. Masak daging dan tulang kaki sapi/lembu sampai empuk. Matikan api, tunggu sampai dingin dan lemak mengapung. Setelah itu buang lemaknya dan saring kaldunya.
  5. Kemudian rebus lagi kaki sapi/lembu dan air kaldunya, tambahkan garam, asam jawa dan cabe rawit halus sambil di aduk rata. Masak sampai beraroma harum dan matang. Angkat.
  6. Taburkan bawang merah goreng dan beri air perasan jeruk nipis.

Selamat mencoba!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *