Rahasia Mencengangkan Dibalik Megahnya Patung Liberty

Rahasia Mencengangkan Dibalik Megahnya Patung Liberty

Rahasia Mencengangkan Dibalik Megahnya Patung LibertyPatung Liberty tak sekadar ikon populer Amerika Serikat tapi juga merupakan simbol kebebasan publik Negeri Paman Sam. Patung Liberty yang diresmikan dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 1886 ini ternyata menyimpan beberapa rahasia mengejutkan yang tak banyak diketahui orang.

Dilansir dari Travelandleisure.com, ada beberapa rahasia mengejutkan di balik keberadaan patung Lady Liberty. Berikut beberapa di antaranya.

Mitos bahwa patung itu hadiah dari pemerintah Prancis

Anggapan jika patung tersebut merupakan hadiah dari pemerintah Prancis kepada pemerintah Amerika adalah mitos terbesar. Patung Liberty memang merupakan gagasan dari pemahat Prancis, Frederic Auguste Bartholdi yang pernah mengunjungi Mesir dan terinspirasi oleh patung-patung raksasa di sana. Namun meski Prancis terlibat, sebagian besar biaya pembangunan patung ini diperoleh dari publik Amerika.

Patung hampir berakhir di Terusan Suez

Bartholdi bertekad untuk membangun patung raksasa Liberty dan awalnya berencana untuk meletakkan patung tersebut di Terusan Suez, bukan di Amerika Serikat.

Rantai di kaki Lady Liberty melambangkan akhir perang saudara

Berkat keterlibatan dan perjuangan budak-budak Prancis seperti Edouard de Laboulaye, Patung Liberty bisa berdiri. Pembuatan patung itu awalnya ditujukan untuk merayakan akhir dari perbudakan di Amerika, yang direpresentasikan lewat rantai yang rusak di kaki Lady Liberty.

40 cakram kosong di alas Liberty merupakan simbol kegagalan penggalangan dana oleh negara-negara Amerika

Bartholdi cukup bermasalah dalam mengumpulkan dana untuk membangun patungnya. Ia mengirimkan perwakilan ke seluruh Amerika untuk mencoba mendapatkan dukungan finansial di tingkat negara. Ia meninggalkan 40 puluh cakram kosong di dasar patung untuk mewakili 40 negara bagian (pada saat itu masih 38 negara bagian).

Enam bulan setelah dibuka Liberty nyaris dilupakan

Seorang jurnalis mengunjungi pulau tempat keberadaan Patung Liberty enam bulan setelah pembukaan patung dan melaporkan bahwa “patung ini ditinggalkan””. Ini menunjukkan seberapa cepat orang kehilangan minat.

Penciptanya tak menyadari jika Lady Liberty akan berubah hijau

Bartholdi awalnya ingin Patung Liberty memiliki warna emas. Namun timnya tak menyadari dan mengantisipasi bahwa penciptaan patung ini menggunakan bahan tembaga akhirnya berubah menjadi hijau seiring perubahan waktu.

Patung Liberty memakai wajah Ibu dari penggagasnya

Banyak yang beranggapan jika Patung Liberty dibuat mirip dengan wajah Ibu Bartholdi, tapi ternyata bukan. Konon, Patung Liberty sebenarnya mewakili wajah kakak laki-lakinya yang hampir menghancurkan keluarga karena meninggalkan utang. Mengingat bahwa Patung Liberty dibuat sebagai simbol kebebasan maka digunakanlah wajah sang kakak. Seolah Bartholdi ingin “terbebas” dari jeratan masalah kakaknya. Karena alasan ini pula, alis Lady Liberty dibuat dengan alis aneh berkerut.

Liberty adalah karya pertama Gustave sebelum Menara Eiffel yang terkenal

Patung Liberty adalah karya artistik pertama Gustave Eiffel. Gustave adalah insinyur yang membangun kerangka patung itu. Segera setelah itu selesai, ia pergi ke Paris untuk mengusulkan pembangunan Menara Eiffel.

Thomas Edison hampir membuat Lady Liberty mampu bicara

Edison sempat ingin meletakkan phonograph besar dalam patung Liberty agar si patung bisa berbicara. Dia ingin melihat Lady Liberty tampak seperti sedang memberikan pidato yang bisa didengar di utara Manhattan. Namun untungnya hal tersebut belum terjadi karena akan jadi menyeramkan. (dream.co.id)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *