Pulau Tikus Bengkulu, Destinasi Cantik yang Wajib Dikunjungi

Pulau Tikus Bengkulu, Destinasi Cantik yang Wajib Dikunjungi
Pulau Tikus Bengkulu, Destinasi Cantik yang Wajib Dikunjungi Ingin merasakan wisata bahari di Bengkulu? Sambangilah Pulau Tikus, Kota Bengkulu. Pulau Tikus berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dapat dicapai melalui jalur laut dengan menaiki kapal nelayan darii Kampung Nelayan Teluk Sepang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Waktu perjalanan sekira 1,5 jam.

Disini, wisatawan bisa menyaksikan destinasi alam, yang tak kalah menariknya dengan ‘Pulau Dewata Bali’. Bagaimana tidak? Bentangan pemandangan luar biasa menyuguhi pemadangan alam, mulai dari terumbu karang, hamparan pasir putih karang Pulau Tikus.

ti

Tidak hanya itu, di pulau ini wisatawan bisa mengunjungi Mercu Suar Pulau Tikus yang memiliki ketinggian sekira 38 meter. Di beberapa titik tepi pantai tumbuh tanaman penahan gelombang. Mulai dari, pohon kelapa, pohon ketaping, serta tumbuhan penahan abrasi lainnya, membuat keasrian pulau tikus semakin mempesona.

Bahkan, menurut Nelayan Pulau Tikus, Bambang Irawan, terdapat habitat berupa penyu hijau, serta beberapa gugusan terumbu karang diperairan Pulau Tikus yang dangkal memiliki potensi, untuk dijadikan titik selam dan aktivitas bahari, seperti snorkelling atau menyelam permukaan (selam dangkal).

ti1

Terlebih lagi, perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan. Tentunya, wisawatan dapat membeli ikan segar secara langsung dengan nelayan yang berada di tepian Pulau Tikus.

”Sudah banyak wisatawan manca negara yang berwisata ke sini. Kedatangan mereka hanya ingin menikmati suasana alam Pulau Tikus yang masih alami,” cerita Bambang, saat ditemui.

ti2

Sayangnya, akomodasi dan fasilitas di Pulau Tikus ini sangat terbatas. Kondisi ini ditandai dengan satu unit bangunan Petugas Mercu Suar dan beberapa pondok nelayan yang berada di tepi garis pantai. Formasi terumbu karang di sini masih asli, lestari, dan belum banyak dinikmati oleh pencinta pemandangan bawah laut.

”Keindahan Pulau Tikus memang kurang tergali dan kurang terpoles karena belum adanya perhatian yang maksimal oleh pemerintah. yang jelas, jika wisatawan berlibur ke sini tentunya serasa berlibur di Pantai Kuta Pulau Bali, ” pungkasnya. (jjs)

Baca juga:

Air Terjun Tegenungan dengan Keindahannya yang Menawan

Melihat Kecantikan Batu Krikil Berwarna di Pantai Kolbano NTT

You May Also Like

One comment on “Pulau Tikus Bengkulu, Destinasi Cantik yang Wajib Dikunjungi”

  1. Pingback: Pariwisata Parigi Moutong Sediakan Diving Hingga Panjat Tebing – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *