Pulau Bawah Anambas, Salah Satu Pulau Tropis Terindah Se-Asia

Pulau Bawah Anambas, Salah Satu Pulau Tropis Terindah Se-Asia

Pulau Bawah Anambas, Salah Satu Pulau Tropis Terindah Se-Asia. Pulau Bawah adalah sekelompok pulau-pulau yang terletak di ujung selatan Kepulauan Anambas sekitar 150 mil laut Timur dari Singapura. Pulau utama seluas 66 hektar dan dikelilingi oleh empat pulau-pulau kecil dan beberapa pulau kecil seluas 101 hektar secara total. Pulau-pulau tidak berpenghuni dterdekat 30 mil jauhnya.

Inilah gugusan pulau di Kepulauan Riau yang diklaim sebagai Asia’s top five tropical island paradises yang diselenggarakan oleh CNN.com, mengalahkan Koh Cang dan Similan Island di Thailand, Langkawi di Malaysia dan Teluk Halong di Vietnam. Pemilihan pulau tropis terindah ini . Penilaian dilakukan secara serius dengan melibatkan Herman Ho yang merupakan managing editor Boath Asia 2012 dan Stuart McDonald yang merupakan pendiri dan editor travelfish.org. Menurut Herman Ho, Kepulauan Anambas yang terletak di Kepulauan Riau ini sangat direkomendasikan bagi para penggemar diving dan snorkeling. Terumbu karang di sekitar Pulau Bawah merupakan surga untuk menyelam dan ada berbagai kehidupan laut yang unik.

Pulau Bawah

Pulau Bawah

Pulau Bawah mengelilingi tiga Laguna. yang terbesar berukuran lebih dari 900m. Titik tertinggi di Pulau 150 m dan. Vegetasi di pulau-pulau bervariasi dari pohon-pohon kelapa dan aren kanopi hutan lebat di atas lereng dengan banyak pohon-pohon besar yang memberikan latar belakang yang dramatis.

Selain ber-view cantik, gugusan Pulau Bawah ini memiliki kehebatan lain yakni keberadaan sebuah laguna atau danau kecil di laut dangkal yang kelilingi oleh beting karang. Laguna adalah semacam danau air laut yang terpisah dari lautan lepas karena bentang alam yang membentuknya. Laguna di gugusan Pulau Bawah dibentuk oleh gugusan pulau di tengah lautan lepas. Airnya berwarna biru jernih. Pemandangan di dasar laguna termasuk ikan-ikan dapat terlihat jelas dari permukaan air. Pasir putih menyelimuti dasar laguna, dan terdapat terumbu karang di beberapa titik. Kala air laut tengah surut, gugusan lima pulau yang ada di sana, seolah saling menyambung satu sama lain. Begitulah, karena keeksotisan, keunikan dan kealamiannya itu, tak heran kalau di waktu tertentu, gugusan Pulau Bawah dikunjungi banyak wisatawan asing yang biasanya bepergian ke sana menggunakan kapal layar atau yacth.

Menurut Peter Michael Timmer, seorang berkebangsaan Amerika yang juga pemilik PT. Tembesu Development, Laguna Pulau Bawah adalah salah satu yang terbaik di dunia, sekelas Bora-Bora di Tahiti. Peter sudah berpengalaman mengunjungi banyak Laguna di Dunia. Ia sendiri mengelola laguna di Thailand dan Filipina.

Banyaknya wisatawan asing yang berkunjung dibandingkan wisatawan lokal membuktikan bahwa Pulau Bawah ini cukup terkenal bagi wisatawan asing. Surga yang belum terjamah ini masih kurang begitu dikenal di dalam negeri.(pamungkaznet)

You May Also Like

2 comments on “Pulau Bawah Anambas, Salah Satu Pulau Tropis Terindah Se-Asia”

  1. Pingback: Pusat Laut Donggala, Destinasi Unik yang Harus Anda Kunjungi – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Air Terjun Tegenungan dengan Keindahannya yang Menawan – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *