Pesona Keindahan Air Terjun Rerebe Gayo Lues di Aceh

Pesona Keindahan Air Terjun Rerebe Gayo Lues di Aceh

Pesona Keindahan Air Terjun Rerebe Gayo Lues di Aceh. Air terjun kolam biru rerebe adalah satu tempat wisata dikabupaten Gayo Lues yang terletak di kecamatan rerebe dimana jarak tempuh dari kabupaten ke kecamatan rerebe kurang lebih menempuh waktu sekitar 2 jam dan kecamatan ini sangat dekat dengan kecamatan terangun.

Tempat wisata ini berada tepat pada pengunungan dan sebelum ada kolam biru ini di area pengunungan ini terdapat air terjun yang mengalir ke sungai dekat pemukiman warga. Dan dulunya apabila ingin menikmati pemandangan dan pemandian air terjun pengunjung harus menanjaki pinggir aliran air terjun yang tanjakannya cukup tinggi. Dan dari tahun 2010 jalan mulai di buka oleh pemerintah untuk memudahkan menuju lokasi air terjun  dan untuk memudahkan masyarakat setempat yang mempunyai lahan pertanian di sekitar Air Terjun Rerebe tersebut.

Air Terjun Rerebe

Air Terjun Rerebe

Pada awalnya tempat wisata ini adalah semak dan kolam tersebut adalah kolam dari salah satu tokoh ulama yaitu Sait sani, dan semenjak jalan dibuka dan  pemilik kolam  berinisiatif untuk memperbaiki kolam yang  berada tepat di pingir jalan yang menghubungkan ke perkebunan warga. Ketika melakukan perbaiakan dikolam tersebut  yang menggunakan  alat berat dan memperbaiki aliran air terjun kecil ke kolam dimana dulunya air hanya mengalir sedikit ke kolam selebihnya menuju ke Air Terjun Rerebe yang besar yang berada di dibwah yang jaraknya sekitar 50 meter dari kolam tersebut. Pada saat air terjun kecil sudah mengalir ke kolam  dan dan membentuk kolam yang indah dan berwarna biru.

Disinilah mulai masyarakat setempat menggunakan kolam tersebut sebagai pemandian dan diikuti oleh masyarakat yang  kampungnya atau kecamatannya dekat dengan kecamatan rerebe ini. Air Terjun Rerebe kolam biru ini mempunyai lebar lebih kurang 100 meter dan panjang lebih kurang 110 dengan kedalaman kolam 2-8 meter kedalam.

Air Terjun Rerebe

Air Terjun Rerebe

Sampai sekarang jalan yang menuju kekolam ini belum di dilakukan pengaspalan jalannya masih belum bagus namaun hal itu tidak menjadi kendala bagi masyarakat yang ingin menuju ke Air Terjun Rerebe dan kolam biru bahkan tempat wisata ini  tidak pernah sepi dari pengunjung apalagi ketika pada saat  hari-hari besar, dan pada saat perkumpulan pemuda pemudi dan setiap harinya tempat wisata ini sering dikunjungi oleh warga dari kampung lain yang ingin  menikmati hari minggu mereka bersama  keluarga di kolam biru ini.

 

BACA JUGA:

Intip Keeksotisan Gua Sarang di Pulau Weh Sabang

Tujuh Pulau Tersembunyi Nan Menawan di Sulawesi Selatan

You May Also Like

One comment on “Pesona Keindahan Air Terjun Rerebe Gayo Lues di Aceh”

  1. Pingback: Menikmati Kecantikan Panorama Alam di Pulau Dodola Maluku Utara – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *