Pesona Kecantikan Danau Kaolin Bangka Belitung

Pesona Kecantikan Danau Kaolin Bangka Belitung

Pesona Kecantikan Danau Kaolin Bangka Belitung  Danau Kaolin merupakan sebuah danau yang memiliki warna daratan putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Danau ini bukan berasal dari kawah gunung seperti Danau Kawah Putih Ciwidey atau Kawah Putih Tinggi Raja. Danau Kaolin juga biasa disebut Camoi Aek Biru yang memiliki arti tersendiri, Camoy atau kolong merupakan istilah dalam pertambangan yaitu lobang yang merupakan pusat atau titik galian tambang dimana pada titik tersebut mineral tambang sudah siap untuk di angkat ke bagian pencucian. Sedangkan Aek biru adalah bahasa lokal masyarakat bangka yang artinya air biru.

kaloin1

Danau Kaolin ini berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya sekitar 50 kilometer dari Pangkalpinang atau sekitar 1 jam perjalanan normal. Danau Kaolin terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya. Sedikit pengetahuan tentang Kaolin. Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantar listrik dan daya hantar panas yang rendah.

dkaloin

Pemandangan Danau Kaolin yang begitu memesona sepanjang mata melihat dan timbunan-timbunan galian seperti bukit disekitar area danau yang sekilas seperti Gunung Bromo mini tetapi berwarna putih pastinya tak akan Anda temui ditempat lain. Daratan bawah Danau Kaolin yang tertutup oleh air seperti lekukan seekor binatang yang sedang melintas, apabila air sedang surut daratan tersebut akan kelihatan seperti gula putih yang bersih.

kaloin

Ditengah Danau Kaolin tampak sebuah daratan yang seakan menghubungan antar ujung danau. Di danau ini tidak ada bau belerang karena danau ini tidak terbentuk dari sebuah kawah. Sehingga para pengunjung yang datang betah untuk berlama-lama ditempat ini. Untuk airnya pun tergolong aman, karena air disini tidaklah panas. Terbukti masih banyak aktifitas warga dan anak-anak yang sedang menggunakan air danau atau mandi di danau. Kondisi ini menjadikan wisatawan yang berkunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah saja, tetapi juga bisa bermain ataupun berenang menikmati segarnya air Danau Kaolin. Sebagian besar warga mengatakan dengan air di Danau Kaolin ini kulit tampak lebih halus dan lembut.

Akses untuk menuju Danau Kaolin ini cukup mudah, Anda bisa melalui jalur toboali ibu kota bangka selatan sekitar 45 menit perjalanan atau bila dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, Anda hanya memakan waktu sekitar 1 – 2 jam perjalanan untuk mencapai Danau Kaolin. (slv)

Baca juga:

7 Wisata Tidak Biasa yang Bisa Dinikmati di Bali

Pesona Keajaiban Air Terjun Banyu Tibo Pacitan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *