Pesona Kecantikan Air Terjun Coban Lawe di Lereng Gunung Wilis

Pesona Kecantikan Air Terjun Coban Lawe di Lereng Gunung Wilis

Pesona Kecantikan Air Terjun Coban Lawe di Lereng Gunung Wilis Air terjun Coban Lawe, mungkin masih terdengar asing. Letaknya yang tersembunyi di lereng Gunung Wilis, membuat wisatawan jarang menyinggahi Coban Lawe. Bahkan, mungkin saja belum tahu kalau di Kabupaten Ponorogo ada kawasan wisata Coban Lawe.

Coban Lawe letaknya sekitar 30 kilometer dari Kota Ponorogo. Tepatnya di kecamatan Pudak. Lokasinya di kaki gunung Wilis yang terkenal dengan hawa yang sejuk. Di sekitar Coban Lawe terdapat beberapa destinasi wisata menarik seperti perkebunan sayur, Wisata Tanah Goyang dan Puncak Kayangan.

Air Terjun Coban Lawe berada di wilayah pegunungan dengan aliran sungai yang jernih. Aliran air yang berasal dari kawasan perbukitan di lereng gunung Wilis membentuk air terjun. Salah satunya Coban Lawe.

coban1

Coban Lawe termasuk salah satu air terjun yang menarik. Coban sendiri adalah sebutan bahasa masyarakat desa Krisik terhadap air terjun. Saat ini Coban Lawe sudah terbuka untuk umum. Wisatawan bisa menikmati air terjun bertingkat kawasan yang masih menjadi milik PT Perhutani.

Kelebihan Coban Lawe, selain pemandangan air terjun dan suasana alam yang sejuk, juga terletak pada kondisi lereng berundak di sekitar air terjun. Setiap kali menyaksikan air yang jatuh dari undak-undakan tebing terdengar suara yang menggetarkan hati para wisatawan.

Bagaimana bisa ke sana? Coban Lawe bisa diakses melalui dua jalur, yaitu jalur Pulung-Pudak dan jalur Sooko-Pudak. Jalur Pulung-Pudak bisa diakses dari Perempatan Pasar Pulung lurus langsung menuju Kecamatan Pudak. Dalam perjalanan Pulung-Pudak anda akan disuguhi hamparan pemandangan alam yang menakjubkan yang tersaji dilembah-lembah di bawah jalan menuju Pudak.

coban

Jalur Sooko-Pudak bisa diakses dari perempatan pasar Pulung belok kanan menuju arah ke Kecamatan Sooko, kemudian ikuti jalur menuju Kecamatan Pudak dan kemudian menuju ke Kantor Desa Krisik. Jika melewati jalur Sooko-Pudak ini nanti akan ada alternatif tempat wisata yang bisa dikunjungi yang berada di Kecamatan Sooko, diantaranya Air Terjun Pletuk, Goa Maria Fatima, Bukit Mayong, Gunung Bedes, hamparan sawah yang indah, sentra susu perah, perkebunan buah naga dan juga sentra perikanan.

Dijalur ini pula akan melewati jalan di bawah rindangnya hutan pohon jati, dan jangan lupa mampir di Warung Mbok Som yang berada di tengah-tengah hutan dengan menu spesialnya Jadah Ketan Abang yang bisa dinikmati sambil lesehan dan menikmati sejuknya udara di bawah pohon. Selamat berkunjung ke Coban Lawe.

Baca juga:

Pariwisata Parigi Moutong Sediakan Diving Hingga Panjat Tebing

Pulau Tikus Bengkulu, Destinasi Cantik yang Wajib Dikunjungi

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *