Nikmati Sotong Pangkong Kuliner Khas Pontianak Yang Hanya Ada Saat Ramadhan

Nikmati Sotong Pangkong Kuliner Khas Pontianak Yang Hanya Ada Saat Ramadhan

Nikmati Sotong Pangkong Kuliner Khas Pontianak Yang Hanya Ada Saat Ramadhan – Sotong Pangkong merupakan salah satu panganan khas untuk lauk pauk saat berbuka puasa atau sahur oleh sebagian besar masyarakat Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sotong Pangkong adalah kuliner khas berasal dari cumi-cumi (loligo pealii) yang dikeringkan lalu dibakar.

Makanan ini umumnya hanya muncul di meja makan satu kali dalam setahun yaitu sepanjang bulan Ramadan, sehingga merupakan berkah di bulan Ramadan bagi penjual kuliner dadakan. Sotong pangkong diolah dari sotong atau cumi yang telah melalui proses pengeringan, dimana cumi-cumi (loligo pealii) kemudian dibakar lalu dipangkong (dipukul-pukul) agar daging cumi yang keras setelah diasinkan menjadi kenyal dan mudah dinikmati.

Sotong dibakar pada bara api dengan arang kelapa atau kayu. Penyajian sotong pangkong cukup sederhana yaitu sotong cukup disajikan dengan kuah kacang atau kuah asam pedas manis agar terasa nikmat dilidah. Sensasi rasanya yang asam, manis dan pedas ini akan menggugah selera.

Sekitar puluhan pedagang sotong pangkong berjejer menjual dagangannya di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak dan hanya bisa ditemukan di bulan Ramadan saja. Pedagang sotong menggelar dagangannya mulai pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB.

sotong pangkong

Bahan Yang diperlukan :

Cumi yang telah dikeringkan 5 ekor (dapat di beli di pasar tradisional)

Bumbu Yang diperlukan :

Bawang putih 2 siung
Cabe rawit 3 buah
Gula Pasir secukupnya
Garam Secukupnya
Kacang tanah atau ebi yang telah disangrai dan digerus halus
Sedikit cuka
Air

Peralatan:

Pemanggang dan arang
Palu besi atau kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong
Gunting untuk memotong sotong
Piring

Cara membuatnya:

Cumi kering tadi lalu dipanggang sampe harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.

Untuk membuat saus atau sambalnya : Haluskan semua bahan bumbu dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *