Menjelajah Keindahan Alam Gunung Masurai Jambi

Menjelajah Keindahan Alam Gunung Masurai Jambi

Menjelajah Keindahan Alam Gunung Masurai Jambi Gunung Masurai adalah Gunung yang secara Administatif terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang dan secara peruntukan kawasan berada dalam kawasan Hutan Konservasi, yakni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Keistimewaaan Gunung Masurai ialah mempunya tiga puncak yaitu Puncak Satu, Puncak Utama dan Puncak Lancip. selain itu juga terdapat 2 danau yaitu Danau Kumbang dan Danau Maboek.

Gunung Masurai adalah Gunung yang secara Administatif terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang dan secara peruntukan kawasan berada dalam kawasan Hutan Konservasi, yakni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berada disebelah barat daya dari Kota Bangko dengan jarak sekitar 110 km.

Gunung Masurai memiliki dua buah danau vulkanik, yaitu Danau Kumbang dan Danau Mabuk.

mesurai

Pada sebalik gunung ini pula, memancarkan beberapa sumber mata air. Yang dikenal dengan mata air Batang Tembesi yang sumbernya terletak disisi utara Gunung Masurai, serta mengairi sumber-sumber penghidupan masyarakat desa yang bermukim dan bertempat tinggal di sekitar kaki Gunung ini, di antaranya adalah desa-desa di Kecamatan Sungai Tenang.

mesurai1

Untuk bisa sampai ke Gunung Masurai, Anda yang datang dari Jambi bisa langsung menuju Kota Bangko, menggunakan bus yang membutuhkan waktu sekitar 6 jam, lalu ganti mobil engkel di Pasar Atas Bangko.

Selanjutnya Anda bisa menuju Desa Sungai Lalang Kecamatan Lembah Masurai, desa terdekat dari jalur pendakian Gunung Masurai, karena Gunung Masurai mempunyai satu jalur resmi yaitu yang terdapat di desa ini. Menuju Sungai Lalang membutuhkan waktu 6 jam jika tidak turun hujan dikarenakan jalan masih ada yang belum di aspal dan berbatu.(mp)

Baca juga:

Sail Karimata Jadi Potensi Wisata Kayong Utara

5 Wisata Kuliner Pinggir Jalan Paling Hits di Bandung

You May Also Like

2 comments on “Menjelajah Keindahan Alam Gunung Masurai Jambi”

  1. Pingback: Ini Tujuan Wisata Indonesia yang Dipromosikan Di Korsel – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Wisata Kuliner Soto Si Chang yang Nikmat di Mataram – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *