Menikmati Kesejukan Alam di Danau Ranu Grati Pasuruan

Menikmati Kesejukan Alam di Danau Ranu Grati Pasuruan

Menikmati Kesejukan Alam di Danau Ranu Grati Pasuruan  Daerah Pasuruan, Jawa Timur ternyata memiliki sejumlah obyek wisata alam yang menarik. Danau Ranu Grati termasuk salah satu obyek wisata alam yang kini mulai populer di kalangan wisatawan lokal.

Danau Ranu Grati menjadi alternatif tempat untuk menenangkan pikiran sambil menikmati santapan ikan segar. Luas Danau Ranu Grati lumayan besar yakni sekitar 198 hektar. Nah, karena luasnya, Danau Ranu Grati dimanfaatkan petani setempat untuk budidaya ikan keramba.

Danau Ranu Grati Pasuruan1

Di Danau Ranu Grati wisawatan bisa menikmati pemandangan sambil melihat para petani beraktivitas. Danau Ranu Grati ini terletak diantara 3 desa di kecamatan Grati, yaitu Desa Sumberdawesari, Desa Ranuklindungan, dan Desa Gratitunon.

Berdasarkan kisah wisatawan lokal, ada legenda menarik yang terjadi di Danau Ranu Grati. Pada saat zaman Belanda, segerombolan orang ingin melewati danau Ranu Grati, kemudian ada yang memperingati mereka, agar tidak melewati Danau Ranu Grati. Pasalnya, konon di tengah danau Ranu Grati terdapat sebuah cekungan besar, sehingga ada keyakinan bahwa orang yang melewati danau Ranu Grati tidak akan bisa kembali lagi. Sekelompok orang itu tidak mengindahkan peringatan tersebut sehingga sampai sekarang orang-orang tersebut hilang entah kemana.

Danau Ranu Grati Pasuruan2

Terlepas dari kisah bernuansa mistis tersebut, Danau Ranu Grati memiliki pesona yang indah. Suasana dan cuaca sejuk akan menemani wisatawan saat berada di kawasan Danau Rawa Grati.

 

Danau Ranu Grati Pasuruan3

Nah, untuk bisa ke Danau Ranu Grati, wisatawan disarankan berangkat dari kota Pasuruan menuju kecamatan Grati, lokasi Danau Rawa Grati berada di tiga desa sehingga mudah menemukan petunjuk dari warga setempat. (merahputih)

Baca juga:

Menikmati Kesejukan Bandung di Babakan Siliwangi

Nikmati Keindahan Jembatan Atas Awan di Puncak Sendaren Purbalingga

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *