Menikmati Keeksotisan Curug Benowo di Lereng Gunung Ungaran

Menikmati Keeksotisan Curug Benowo di Lereng Gunung Ungaran

Menikmati Keeksotisan Curug Benowo di Lereng Gunung Ungaran Kecamatan Ungaran, kabupaten Semarang memiliki sejumlah obyek wisata alam yang terselip diantara peninggalan candi-candi tua. Dari beberapa obyek wisata alam, Curug Benowo layak jadi destinasi liburan keluarga di akhir pekan.

Curug Benowo berlokasi di lereng gunung Ungaran, desa Kalisidi, kecamatan Ungaran Barat, Semarang. Untuk bisa menikmati Curug Benowo perjalanan yang ditempuh lumayan berliku. Letaknya di lereng gunung, menyebabkan pilihan jalurnya layaknya sebuah pendakian. Wisatawan harus melewati jalan setapak yang menanjak.

Jalur ke Curug benowo, jalan setapaknya cukup kecil namun curam hingga tiba di puncak bukitnya. Disarankan wisawatan lebih waspada karena jalur yang sempit, rawan longsor dan licin.

Kondisi jalan setapak dan menanjak menuju Curug Benowo cocok untuk para wisatawan penyuka tantangan lintas alam. Butuh waktu tempuh sekitar 2 jam agar wisatawan bisa mencapai Curug Benowo. Namun rasa lelah dan cape terbayar manakala menyaksikan keindahan dan eksotisnya Curug Benowo.

benowo

Bukan hanya itu saja, tak jauh dari Curug Benowo terdapat juga air terjun yang diberi nama Curug Lawe oleh penduduk setempat. Ketinggian air terjun di Curug Benowo yang lumayan membuat tirai air yang jatuh membawa hawa segar plus dingin. Jika terkena sinar matahari, dari Curug Benowo tampak sekilas pelangi yang terpantul pada dinding batu yang curam.

Nah, bagaimana untuk bisa sampai ke sana? Wisatawan bisa memulai pendakian dari Alun Alun Ungaran ke arah Mapagan (Jalan ke arah gunungpati), setelah menemukan gapura “Selamat datang Kampus Di Sekaran Gunungpati” maju lagi sekitar 1.700m, di sisi kanan jalan ada Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumur gunung belok kiri masuk ke Jalan Dukuh Sumur Gunung.

curug1

Pada koordinat ini adalah posko, dimana kendaraan atau mobil diparkir untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Dari posko ini perjalanan harus ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 2 jam melalui jalan lumayan berat medannya. Namanya juga wisata alam, nuansanya benar benar alami, jalan yang minim namun pemandangan sekitar sangat luar biasa indah. Jika kesulitan bisa minta panduan penduduk setempat. Untuk biasa masuk wisatawan Rp4000/orang, parkir roda dua Rp2000/motor dan parkir roda empat Rp5000/mobil.

Selamat menikmati pendakian dan keindahan Curug Benowo.(merahputih)

Baca juga:

You May Also Like

2 comments on “Menikmati Keeksotisan Curug Benowo di Lereng Gunung Ungaran”

  1. Pingback: Menikmati Kedamaian Pantai Puncak Guha – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Pesona Tebing Breksi, Aset Wisata Kebanggan Yogyakarta – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *