Menikmati Kecantikan Luweng Sampang Yogyakarta

Menikmati Kecantikan Luweng Sampang Yogyakarta

Menikmati Kecantikan Luweng Sampang Yogyakarta  Selain menjadi kota istimewa, Yogyakarta juga berhasil mendatangkan banyak wisatan untuk berkunjung ke kota pelajar tersebut. Hal itu tak lepas dari banyaknya tempat wisata menarik dan unik yang tak dapat ditemui oleh para wisatawan di kota lainnya. Salah satunya yakni Luweng Sampang. Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang memiliki bentuk dan ornamen unik hasil pengikisan air sungai yang terlihat jelas melukis badan sungai yang berupa batu. Air terjun kecil tampak dari celah yang membelah batu sehingga membentuk gua atau luweng. Hal tersebut yang menyebabkan air terjun ini disebut Luweng Sampang.

Luweng Sampang memiliki tinggi kurang lebih 5 meter, dengan lebar kurang lebih 1,5 meter. Kanan kirinya merupakan bebatuan besar hingga mirip dengan bukit kecil. Keunikan pola bebatuan Curung Luweng Sampang memiliki kemiripan di Antelope Canyon seperti di Amerika Serikat yang membedakannya hanya pada warna bebatuannya.

luweg

Sayangnya pada saat musim kemarau tiba, debit air yang mengaliri Luweng Sampang sangat minim. Bahkan jika ingin menikmati air terjunnya, kita harus meminta izin kepada Bapak Legiman (88) selaku penjaga Luweng Sampang di lokasi wisata tersebut.

Curug Luweng Sampang berada di Dusun Karangasem, Sampang, Gedangsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Lokasi wisata Luweng Sampang lebih mudah dijangkau melalui Jalan Jogja-Solo dikarenakan jalannya yang rata dan minim tanjakan yang berkelok-kelok.

luweg1

Pada umumnya masyarakat yang pernah berkunjung di curug ini memilih rute dari Jogja melewati jalan Jogja-Solo menuju arah kecamatan Ganti Warno. Setalah itu mengikuti arah jalan tersebut ke arah tenggara sampai Anda tiba di desa Sampang. Jika Anda merasa bingung jangan malu bertanya kepada warga sekitar yang ada disana agar Anda tidak tersesat.

Setibanya Anda di Luweng Sampang, mata Anda akan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang menarik, terutama dari motif bebatuan yang ada dilokasi Luweng Sampang, mungkin karena batu tersebut sudah cukup lama terkena air jadi tergerus mengikuti aliran air. Dua air terjun akan menyapa kita dengan gemericik suaranya serta membuka mata kita melalui keindahan bebatuannya yang terus setia menjalani perannya sebagai jalur aliran air sungai yang tampak indah itu.(Mp)

 

You May Also Like

One comment on “Menikmati Kecantikan Luweng Sampang Yogyakarta”

  1. Pingback: Menjelajah Keindahan Alam Gunung Masurai Jambi – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *