Menikmati Gemercik Air Terjun Girimanik Wonogiri

Menikmati Gemercik Air Terjun Girimanik Wonogiri

Menikmati Gemercik Air Terjun Girimanik Wonogiri  Kabupaten Wonogiri menyimpan pesona wisata alam yang luar biasa. Salah satunya Air Terjun Girimanik. Beberapa kalangan menyebutnya Air Terjun Sreten, karena letaknya di desa Sreten. Air Terjun Girimanik sebetulnya dibagi atas tiga lokasi yakni Air Terjun Manik Moyo, Air Terjun Condromoyo dan Air Terjun Tinjo Moyo. Lokasi Air Terjun Girimanik berada di desa Sreten, Kecamatan Slogohimo, Wonogiri.

Ketiga air terjun yang masuk dalam kawasan Air Terjun Girimanik memiliki ketinggian yang beragam. Air Terjun Manik Moyo memiliki ketinggian 70 meter, sedangkan Air terjun Condromoyo dan Tinjomoyo setinggi sekitar 30 meter.

giri

giri

giri

Keistimewaan Air Terjun Girimanik yang membuatnya berbeda yakni tempatnya yang masih asri. Gemercik air yang jatuh diantara bebatuan serta pemandangan alam yang hijau dan udara yang bersih, sangat ideal bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan suasana alami.

Bagi yang suka tempat bersejarah, tidak jauh dari Air Terjun Manikmoyo terdapat sebuah tempat sakral peninggalan atau petilasan Raden Mas Said yang dikenal dengan nama Batu Resi.

Untuk masuk ke kawasan Air Terjun Girimanik wisatawan cukup membayar Rp5000. Air Terjun Girimanik berjarak sekitar 35 km dari pusat kota Wonogiri ke arah timur menuju Ponorogo. Dari kota Wonogiri perjalanan di arahkan ke Slogohimo ke arah utara, sekitar 10 km dengan jalan yang menanjak hingga pintu masuk air terjun. Selanjutnya dari pintu masuk perjalanan diteruskan ke Bumi Perkemahan.

Sementara jarak yang ditempuh menuju Air Terjun Manikmoyo diperlukan waktu sekitar 5 menit dari lokasi perkemahan. Sedangkan untuk ke Air Terjun Tejomoyo diperlukan waktu 30 menit dari bumi perkemahan dengan mengambil arah jalan lain menuruni lembah Air Terjun Girimanik.

Dan untuk ke air terjun yang ketiga Condromoyo, dari jalur kedatangan tepat di persimpangan antara bumi perkemahan dan Air Terjun Tejomoyo mengambil jalan ke arah kanan. Waktu yang diperlukan ke air terjun ketiga ini sekitar 15 menit dari Air Terjun Girimanik.

Bagaimana, anda penasaran berwisata ke Air Terjun Girimanik, Wonogiri?(mp)

Baca juga:

Menikmati Keindahan Pulau Saronde Gorontalo

Keindahan Tiada Tara Pulau Salando di Sulawesi Tengah

You May Also Like

3 comments on “Menikmati Gemercik Air Terjun Girimanik Wonogiri”

  1. Pingback: Atraksi Hiu Paus Jadi Wisata Baru Khas Gorontalo – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Menikmati Cantiknya Danau Kakaban Dan Ubur-ubur di Berau – Wisata Indonesiana

  3. Pingback: Wisata Kuliner di Restoran Tertua di Dunia Berusia 3 Abad – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *