Menikmati Beningnya Permandian Mata Air Ki’i

Menikmati Beningnya Permandian Mata Air Ki’i

Menikmati Beningnya Permandian Mata Air Ki’i PERMANDIAN mata air Ki’i merupakan permandian bagi warga Kelurahan Takimpo, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Letaknya pun tak jauh dari perkampungan warga.

Tak ada papan petunjuk, sehingga untuk menuju ke PERMANDIAN mata air Ki’i alam ini harus bertanya kepada warga.

Untuk menuju PERMANDIAN mata air Ki’i ini bisa dengan berjalan kaki sekitar 5 menit saja. Permandian ini terbentuk seperti kolam alam yang besar berbentuk lingkaran. Batu karang dan pepohonan menjadi pembatasnya. Airnya yang bening dan an bersih sehingga bisa terlihat bebatuan dan ikan kecil di daerah dasar air.

“Setiap sore banyak warga yang mandi di sini. Di rumah sudah ada air ledeng, hanya tidak seru, yang seru mandi di sini,” kata seorang warga, Rudi (17)

Beberapa anak kecil melompat dari atas batu karang langsung menceburkan diri ke dalam permandian mata air Ki’i ini. Ada juga beberapa anak kecil lainnya terlihat asyik berenang.

“Airnya dingin dan tawar. PERMANDIAN mata air Ki’i  ini terhubung langsung dengan laut. Kalau air laut pasang, airnya justru tawar di permandian ini. Kalau air laut surut justru air permandian ini asin,” ujarnya.

pemandian

 

Menurut Rudi, bila ada pesta kampung adat, permandian mata air Ki’i digunakan sebagai tempat ritual. Di samping permandian tersebut memang terdapat sebuah rumah kecil.

“Itu namanya bantea, tempat digunakan untuk pesta kampung. Kalau sudah digunakan pesta kampung, warga dilarang dekati permandian ini,” tutur Rudi.

Walaupun terdapat tempat ritual, namun tidak menghilangkan keindahan permandian mata air Ki’i ini.

(kompas)

Baca juga:

Atraksi Hiu Paus Jadi Wisata Baru Khas Gorontalo

Keindahan Danau Lindu di Taman Nasional Lore Lindu

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *