Keindahan Tiada Tara Pulau Salando di Sulawesi Tengah

Keindahan Tiada Tara Pulau Salando di Sulawesi Tengah

Keindahan Tiada Tara Pulau Salando di Sulawesi Tengah – Sulawesi tak dapat dipungkiri punya beragam tempat wisata yang belum begitu umum. Salah satunya yang akan kita bahas adalah pulau terluar Indonesia yang berada di Sulawesi Tengah. Pulau tersebut bernama Salando. Lautnya yang masih berwarna biru jernih membuat kita akan berdecak kagum.

Pulau Salando2

Pulau Salando bukanlah pulau sepi, terbukti ada banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut. Namun, kebanyakan wisatawan tersebut adalah warga lokal. Sementara di telinga seluruh orang Indonesia, nama Salando belum begitu tenar.

Pulau Salando3

Untuk mencapai pulau tersebut, Anda harus menunggu air pasang. Biasanya air pasang hanya terjadi sampai jam 11 pagi. Jika air telah surut maka perahu tidak memungkinkan sampai ke tepi pulau. Pulau Salando bukan daerah wisata yang sudah dikelola, oleh karena itu, untuk mencapai lokasinya hanya bisa ditempuh menggunakan perahu milik nelayan. Selain itu, tidak ada pula fasilitas yang memadai di sana sehingga Anda harus benar-benar menyiapkan kebutuhan di sana.

Pulau Salando4

Akan tetapi, soal keindahan pulau ini jangan ditanya lagi. Di bagian puncak pulau yang bisa ditempuh dengan jalan setapak – Anda akan menemukan mercusuar dan tenntunya pemandangan menakjubkan sekeliling pulau. Hamparan laut biru yang jernih dan langit yang cerah tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di pulau tersebut.

Pulau Salando5

Ada beberapa tips bagi Anda yang ingin melakukan eksplorasi terhadap Pulau Salando:

  1. Anda bisa berkunjung ke Salando pada pagi hari atau sore. Namun pastikan Anda mendapatkan informasi jadwal pasang surut air.
  2. Desa paling dekat ke Pulau Salando adalah Desa Lingadan. Anda bisa pula bertanya ke penduduk desa setempat jika tidak tahu cara ke sana. Warga lokal biasanya akan senang membantu.
  3. Tidak terdapat fasilitas umum di Pulau Salando seperti misalnya sewa alat snorkeling atau pakaian renang, kamar mandi, kamar ganti dan sebagainya. Jadi, Anda bisa menyiapkan keperluan tersebut sebelum berangkat. Jika ingin mandi ataupun ganti pakaian, Anda dapat menumpang di rumah penduduk sekitar.

Ya, wisata ke pulau terluar di Indonesia ini layak jadi rencana destinasi Anda berikutnya. Pulau Salando akan memberikan kesan yang cukup berbeda karena pulau ini masih bisa dikatakan cukup sepi. (detikriau)

You May Also Like

One comment on “Keindahan Tiada Tara Pulau Salando di Sulawesi Tengah”

  1. Pingback: Menikmati Gemercik Air Terjun Girimanik Wonogiri – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *