Keindahan Surga Dunia di Pulau Tinabo Makassar

Keindahan Surga Dunia di Pulau Tinabo Makassar

Keindahan Surga Dunia di Pulau Tinabo Makassar Pulau Tinabo adalah salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia yang masuk dalam gugusan pulau di Kecamatan Takabonerate. Pulau Tinabo (Tinabo Island Dive Resort) terletak di jantung kawasan koral yang terluas dan terkaya akan kehidupan biota lautnya di dunia yakni Taman Nasional Takabonerate.

Pulau Tinabo merupakan pulau yang relatif kecil tapi cukup menyenangkan. Seluruh Pulau Tinabo dikelilingi oleh pantai berpasir putih, dikelilingi oleh air laut yang selalu jernih sepanjang waktu, semakin dalam berturut-turut warna airnya menjadi kehijauan, biru muda, hingga biru tua menuju ke bagian laut yang lebih dalam.

tinabo

Posisi Pulau Tinabo sendiri sangat stategis, karena dari pulau ini kita bisa melihat pemandangan sunset dan sunrise yang sama-sama indah. Pulau Tinabo mempunyai hamparan pasir pantai berwarna putih yang halus. Air lautnya berwarna biru jernih. Pemandangan bawah lautnya pun sangat menakjubkan. Di Pulau ini banyak terdapat spot diving maupun snorkling. Tak heran bila pulau ini menjadi salah satu surga bagi pecinta diving.

tinabo1

Uniknya, di Pulau Tinabo ini pengunjung bisa menyelam bersama baby shark, penyu bahkan bersama kima (kerang laut raksasa) yang besarnya bisa mencapai hingga satu meter. Ada lagi satu spot yang bernama sumur ikan. Spot tersebut merupakan lubang bawah laut yang belum diketahui berapa dalamnya. Dari lubang Pulau Tinabo tersebut keluar masuk ikan-ikan cantik.

Biaya masuk ke Pulau Tinabo sekitar Rp 2.500 per orang. Untuk snorkling dikenakan biaya sekitar Rp 40.000/spot/jam. Sedangkan untuk diving biaya ijinnya sekitar Rp 50.000/spot/orang (belum termasuk biaya guide). Di Pulau Tinabo ini tersedia penginapan yaitu Tinabo Island Resort dengan biaya sewa kamar sekitar Rp 200.000 per malam (belum termasuk biaya makan).

tinabo2

Pulau Tinabo memang terbilang jauh dan terpencil. Untuk menuju ke sini, Anda harus menempuh perjalanan berjam-jam baik darat, laut maupun udara. Namun dijamin semuanya akan terbayar saat Anda sampai di pulau ini. Bahkan keindahan Pulau Tinabo akan membuat Anda betah dan malas untuk pulang ke rumah.

Kota terdekat yang paling dekat untuk menuju ke Pulau Tinabo ini adalah melalui Makassar. Dari Makassar perjalanan di lanjutkan ke Tanjung Bira menggunakan kendaraan sewa, waktu tempuh perjalanan sekitar 8 jam. Kemudian dari Tanjung Bira Perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal ferry menuju Pelabuhan Pamatata Selayar sekitar 2 jam perjalanan. Dari Pelabuhan Pamatata lanjut lagi perjalanan darat menggunakan mobil sewa menuju Kota Benteng baru kemudian menuju ke Pelabuhan Patumbukan barulah sampai di Pulau Tinabo.

tinabo3

Dari Pelabuhan Patumbukan ini kita bisa menyeberang ke Pulau Tinabo menggunakan kapal rakyat atau speed boat yang bisa disewa. Waktu tempuhnya sekitar 4 hingga 5 jam (menggunakan kapal rakyat) dan 2 jam (menggunakan speed boat) menuju Pantai Tinabo.

Baca juga:

Surga Snorkeling di Pantai Tanjung Karang Palu

Suka Tantangan? Wajib Coba Cliff Jumping di Ceningan Bali

 

You May Also Like

2 comments on “Keindahan Surga Dunia di Pulau Tinabo Makassar”

  1. Pingback: Pantai Talise, Si Pantai Cantik Nan Romantis Dari Palu – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Menikmati Kecantikan Luweng Sampang Yogyakarta – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *