Keindahan Danau Diateh di Sumatera Barat yang Menawan

Keindahan Danau Diateh di Sumatera Barat yang Menawan

Keindahan Danau Diateh di Sumatera Barat yang Menawan. Danau Diateh berada di Alahanpanjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Airnya yang tenang menggoda orang untuk datang dan merelakskan pikiran.

Di ambang sore, sinar matahari mulai redup. Pantulannya di permukaan Danau Diateh bagai cairan perak yang kilau-kemilau.

Suasana yang sangat tenang dan udaranya yang sejuk (14–20 derajat Celsius) menjadikan Danau Diateh ini dikunjungi banyak wisatawan. Layaknya danau di pegunungan, hamparan pepohonan pinus dan cemara sangat memanjakan mata.

Pengembangan kawasan tersebut juga ditunjang dengan potensi wisata lain seperti kebun teh serta wisata buah dan sayuran di Kayujao dan Alahanpanjang. Lokasi yang mudah dijangkau serta ditunjang fasilitas lengkap menjadi alasan untuk datang ke lokasi Danau Diateh ini.

Danau Diateh

Danau Diateh

Danau Diateh

Dari segi fasilitas yang dimiliki, Danau Diateh menawarkan konsep baru dalam berwisata. Kawasan Danau Diateh tersebut memenuhi keinginan wisata kombinasi.

Tempat tersebut memiliki ruang pertemuan (convention hall) yang dapat menampung hingga 500 peserta seminar atau konferensi. Kawasan tersebut juga dilengkapi dengan 33 kamar penginapan berkonsep cottage.

Di samping itu, fasilitas wisata di tepi danau juga serbalengkap. Ada permainan anak, sampan, areal berenang, dan fasilitas jalan untuk menikmati indahnya panorama kawasan tersebut. Penamaan Danau Diateh atau dalam bahasa Indonesia adalah Danau di Atas bukan tanpa alasan. Danau ini memiliki kembaran, yaitu Danau Dibawah sehingga kerap disebut Danau Kembar. Danau Dibawah terletak di sebelah kiri jalan utama menuju Alahanpanjang. Danau Diateh berada di sebelah kanannya. Lokasinya berjarak kira-kira 47 km dari Solok dan 56 km dari Padang. Dua danau itu berada pada ketinggian 940 dan 1.438 meter di atas permukaan laut. Seperti halnya Danau Diateh, Danau Dibawah juga menawarkan pemandangan indah dengan udara yang segar dan sejuk. Udara sejuk pegunungan dan pemandangan indah dapat dilihat dari bukit yang berada di antara dua danau. Terpisah oleh jarak 1 kilometer, salah satu danau ini terletak lebih tinggi daripada danau yang satunya lagi. Dengan demikian, salah satu danau bernama Danau Diateh dan yang lain bernama Danau Dibawah.

Danau Diateh ini menawarkan panorama yang mengagumkan dari suasana sekelilingnya dan juga merupakan tempat yang bagus untuk kegiatan hiking ataupun kemping. Saat menuju dua danau ini, pengunjung akan tersuguhi oleh pemandangan perkebunan teh yang terbentang sejauh mata memandang. Pengunjung juga dapat menikmati buah-buahan lokal yang dijual di kios-kios yang tersebar di sekitar danau. (jal/JPNN/c1/diq)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *