Keindahan Air Terjun Bertingkat Kedung Kandang

Keindahan Air Terjun Bertingkat Kedung Kandang

Keindahan Air Terjun Bertingkat Kedung Kandang Desa Wisata Gunung Api Pura Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk tak henti-hentinya terus mencari objek wisata baru untuk menambah daya pikat wisatawan. Air terjun bertingkat Kedung Kandang yang sebelumnya belum banyak dilirik orang, kini mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Lokasinya dari Kota Wonosari sekitar 24 km atau  sekitar 1 km sebelum naik ke Obwis Gunung Api Purba. Air terjun bertingkat Kedung Kandang ini selain berpagar  pereng bukit menjulang diantaranya merupakan hamparan terasiring persawahan yang indah. “Objek ini sengaja dibiarkan alami tidak dipoles apapun, “ kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Mursidi, Kamis (11/2/2016).

air terjun

Aliran Air terjun bertingkat Kedung Kandang berasal dari Gunung Api Purba. Air terjun bertingkat yang merupakan pemandangan alam yang indah, meluncur dari tingginya batu-batuan hitam vulkanik. Di sekitarnya hamparan tanaman padi, jagung dan tanaman lain. Meski di pereng-pereng bukit tanamannya sangat subur. Terasiring yang panjang dan luas menjadikan semacam garis-garis bentang alam yang menawan.

Untuk menjejakan kaki ke Air terjun bertingkat Kedung Kandang wisatawan harus berjalan kaki 3 km pulang pergi menyusuri jalan setapak dan  kadang lincin. Objek ini sengaja tidak dimodifikasi. Agar wisatawan menikmati alam sebagaimana adanya. “Bahkan pedagangpun tidak bisa berjualan sembarang tempat. Ada lokasi tersendiri,” tambahnya.

Beberapa bulan terakhir kunjungan wisatawan ke Air terjun bertingkat Kedung Kandang terus bertambah. Rata-rata sehari ada 100 wisatawan. Pada hari libur jumlahnya  naik menjadi sekitar 300 wisatawan. Pernah juga mencapai 600 orang. Sebagai obwis alam, Pokdarwis sedang memikirkan untuk menambah tanaman bunga di lereng-lereng bukit. Harapannya selain menimati air terjun bertingkat, terasiring yang luas, pereng-pereng yang indah, wisatawan juga akan memandang indahnya tanaman bunga. “Jenis bunganya sedang dipikirkan,” demikian Ketua Pokdarwis Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk Mursidi. (Ewi) 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *