Jangan Lewatkan Tempat Wisata ini Jika Mengunjungi Solo

Jangan Lewatkan Tempat Wisata ini Jika Mengunjungi Solo

Jangan Lewatkan Tempat Wisata ini Jika Mengunjungi SoloPura Mangkunegaran dan pusat penjualan benda antik Pasar Triwindu sampai saat ini masih menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Solo, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkot Surakarta, Eny Tyasni Suzana mengungkapkan, kunjungan wisatawan mancanegara ke Solo terus meningkat, baik ke Pura Mangkunegaran maupun Pasar Triwindu.

Pura Mangkunegaran banyak dikunjungi wisman karena merupakan pusat Pemerintahan di zaman kerajaan dinasti Mataram. Keraton yang telah berumur ratusan tahun ini banyak menyimpan koleksi-koleksi benda bersejarah yang tak ternilai harganya.

Kehidupan warga di sekitar keraton, seperti di sentra batik Pasar Klewer maupun Masjid Jami juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Ditambah lagi berbagai wisata kuliner khas Solo yang melengkapi kawasan tersebut. Selain dua ikon tersebut, kampung batik Laweyan juga kini mulai digalakkan untuk menarik wisatawan.

Suzana mengatakan kunjungan wisatawan setiap tahun terus meningkat. Dikatakannya, untuk bulan Januari dan Februari tahun ini saja, jumlah wisatawan mencapai 617.489 orang. Meski diakui angka itu didominasi oleh wisawatan domestik, yakni sebanyak 613.034 orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara hanya sebanyak 4.455 orang.

Dikatakan untuk tahun ini, ditargetkan 4,5 juta wisatawan mengunjungi Solo. melebihi dari target yang ditentukan.

“Tahun lalu target kita hanya 4,1 juta orang, namun akhirnya bisa terlampaui hingga mencapai 4,2 juta orang,” ujarnya. (Suara)

Baca juga:

One comment on “Jangan Lewatkan Tempat Wisata ini Jika Mengunjungi Solo”

  1. Pingback: 5 Wisata Kuliner Pinggir Jalan Paling Hits di Bandung – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *