Indahnya Hamparan Rumput Laut di Pantai Ngobaran

Indahnya Hamparan Rumput Laut di Pantai Ngobaran

Indahnya Hamparan Rumput Laut di Pantai Ngobaran – Jika bicara soal pantai, DIY merupakan salah satu propinsi yang memiliki garis pantai yang panjang. Tidaklah heran jika banyak lokasi wisata pantai di Jogja, dan Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang memiliki keindahan pantai yang memukau. Pantai-pantai disini tidak kalah cantik dibandingkan pantai Kuta ataupun Tanah Lot di Bali, namun karena belum dikelola dengan baik maka pengunjungnya juga masih sangat minim dan hanya ramai pada musim liburan saja. Salah satu pantai itu adalah Pantai Ngobaran yang berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul.

pantai ngobaran-4

Pantai Ngobaran ini terletak 65km dari kota Yogyakarta tepatnya di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul merupakan pantai yang masih alami dan sangat indah. Keunikannya saat surut anda bisa melihat hamparan rumput laut yang berwarna hijau dan coklat yang hidup bersama di atas batu-batu dan terumbu karang di pantai tersebut. Adanya batu-batu dan terumbu karang tersebut terdapat bermacam-macam hewan laut seperti dari ikan-ikan laut kecil, berbagai jenis kerang-kerangan serta landak laut yang menjadi salah satu kuliner yang dijajakan penduduk sekitar pantai ini. Saat surut kita pun bisa melihat penduduk-penduduk sekitar mulai mengumpulkan Landak laut serta rumput-rumput laut tersebut.

pantai ngobaran

Untuk menuju Pantai ini dari kota Jogja cukup mudah anda bisa memacu kendaraan melewati jalan Wonosari, melewati Peristirahatan Hutan Bunder , Saat melewati lampu lalu lintas kedua (pertigaan lapangan terbang) anda bisa mengambil arah ke kanan.  Ikuti jalan tersebut anda akan melewati Suaka Marga Satwa Paliyan, lalu melewati Telaga Namberan (sebelah kanan jalan) Sampai dipertigaan mentok (ada Alfamart) anda bisa ambil arah kiri mulai dari sana anda tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Komplek Pantai Ngrenehan-Ngobaran-Nguyahan. Selain itu rute tersebut anda bisa melalui jalur Imogiri-Panggang. Jika tidak yakin dengan jalan yang anda tempuh, jangan malu bertanya pada penduduk sekitar.

Pantai ngobaran-2

Dengan segala keindahan yang ditawarkannya, sangat disayangkan jika dalam liburan anda ke Jogja tidak meluangkan waktu pergi ke tempat ini. Dan untuk bisa memperoleh segala keelokannya anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 3000,- per orang untuk masuk ke lokasi wisata dan ongkos parkir Rp. 2000,- untuk motor atau Rp. 5000,- untuk mobil. Wow betapa sangat murah sekali, bahkan untuk biaya masuk lokasi wisata tidak hanya untuk Pantai Ngobaran saja tapi sudah termasuk ke Pantai Ngrenehan yang berada di sebelahnya. Jadi tunggu apa lagi, jadwalkan liburan anda ke Jogja dan singgahlah ke Pantai Ngobaran.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *