Gunung Pancar, Destinasi Wisata Alam yang Tak Boleh Dilewatkan

Gunung Pancar, Destinasi Wisata Alam yang Tak Boleh Dilewatkan

Gunung Pancar, Destinasi Wisata Alam yang Tak Boleh Dilewatkan. Wisata Gunung Pancar menyuguhkan Anda sebuah destinasi wisata alam yang lengkap bersama dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, masih terdapat aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di sana.

Kawasan wisata alam ini terletak di ketinggian 300-800 meter dpl dengan kemiringannya mencapai 15-40%. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi wisata tersebut. Bentang vegetasi Gunung Pancar terdiri dari hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar.

Gunung Pancar

Tentu saja, udara sejuk dan pemandangan yang asri begitu kental terasa. Suhu udara di kawasan wisata alam Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius di kala malam hari dan pada siang hari suhu maksimal berkisar di sekitaran 33 derajat Celcius.

Di Gunung Pancar, terdapat berbagai jenis tanaman, seperti pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan masih banyak lagi. Kawasan wisata alam di Bogor ini juga memiliki sejumlah satwa yang hidup bebas.

Jika beruntung, Anda mungkin dapat menjumpai kera, owa, surili, babi hutan, jelarang, serta sejumlah jenis burung. Burung yang sering ditemui di wisata alam Gunung Pancar ini adalah kutilang, ayam hutan merah, jalak, elang, dan lain-lain.

Gunung Pancar

Untuk dapat masuk, Anda tentu saja harus membayar tiket masuk wisata alam Gunung Pancar di Bogor ini sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membaawa kendaraan, cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 1.500 (roda empat) atau Rp 1.000 (roda dua).

Biasanya objek wisata alam Gunung Pancar sering digunakan sebagai destinasi bagi kegiatan camping, bersepeda, joging, hiking, berkuda, berendam air panas, hingga wisata budaya.

Salah satu kegiatan yang populer di wisata alam ini adalah tempat pemandian air panas Gunung Pancar. Untuk dapat berendam, anda harus membayar biaya sebesar Rp 10 ribu per orang. Tempat pemandiannya terbagi dua, yaitu untuk laki-laki dan perempuan.

air panas Gunung Pancar

Air panas Gunung Pancar ini berasal dari mata air alami, yang dialirkan melalui pancuran ke kolam rendaman. Banyak wisatawan datang dan menikmati pemandian air panas Bogor di tempat wisata alam Gunung Pancar ini guna menghilangkan pegal-pegal dan badan yang kurang fresh. Air panas ini mengandung belerang dan mineral yang sungguh baik untuk terapi otot.(Sarah Armetia)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *