Eloknya Pantai Bambarano di Donggala Palu

Eloknya Pantai Bambarano di Donggala Palu

Eloknya Pantai Bambarano di Donggala Palu – Pantai Bambarano berlokasi di Desa Sabang, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, sekitar 150 kilometer dari Palu. Dari jalur Trans-Sulawesi poros Palu-Tolitoli, pengunjung melintasi jalan beraspal di tepi pantai. Luas kawasan wisata pantai ini 1 hektar dengan hamparan pasir putih halus. Berbagai jenis pohon khas pesisir berdiri kokoh di pantai. Pepohonan itu berfungsi semacam gazebo alami.

Pantai Bambarano

Pantai Bambarano sangat jernih. Tidak ada lumpur, tidak ada rerumputan, dedaunan, ataupun sampah terapung yang mengganggu pengunjung menikmati laut. Pengunjung bisa berenang hingga ke jarak 50 meter arah laut lepas Laut Sulawesi, terutama sebelum pukul 11.00 Wita saat air masih surut. Karena dangkal, hamparan pasir putih jelas terlihat.

Pantai Bambarano-2
Dengan gulungan ombak yang tidak terlalu tinggi, Bambarano menjadi tempat ideal untuk berenang. Kawasan wisata itu terletak di teluk yang dikelilingi gunung dengan hutan lebat. Di pantai itu ada juga gugusan batu karang yang menghitam. Ada yang menjulang hingga 10 meter. Tidak sedikit pengunjung yang beristirahat di puncak batuan tinggi itu sekaligus menikmati pemandangan ke arah teluk. Bebatuan itu kerap dijadikan latar berfoto. Dengan tekstur mirip relief, berfoto di depan batuan melengkapi asyiknya berwisata.

Pantai Bambarano-3

Pantai Bambarano sudah lama berkembang sebagai obyek wisata. Namun, gema tempat wisata itu tidak ”senyaring” keindahannya. Belum banyak tulisan ataupun foto yang disajikan di internet atau tempat promosi seperti bandara untuk memasarkan. Hanya ada beberapa foto yang diunggah pengguna Instagram.

Pantai Bambarano-4

Pantai Bambarano dikelola masyarakat setempat. Petugas mengutip tarif masuk Rp 2.000 per pengunjung. Namun, sejumlah fasilitas penunjang tempat wisata belum ada di pantai itu, termasuk rumah makan. Lebar jalan masuk ke pantai juga kecil, hanya sekitar 2 meter.

Pantai Bambarano-7

Perjalanan ke Pantai Bambarano ditemani dengan pemandangan khas wilayah pesisir. Rute ini dihiasi pepohonan kelapa yang rata-rata tinggi menjulang. Di tepi jalan banyak tempat pemanggangan kelapa. Di jalan, kadang ditemui gerobak yang ditarik sapi bermuatan kelapa. Gundukan kopra pun tidak jarang ditebar di pinggir jalan.

Pantai Bambarano-6

Deru gelombang tinggi Laut Sulawesi turut membuat perjalanan berwarna. Di beberapa titik, jalan raya persis terletak di tepi pantai. Pengunjung juga dapat menikmati hawa sejuk Danau Talaga yang berlokasi sebelum Pantai Bambarano. Lokasi danau persis di tepi jalan. Danau itu dikelilingi gunung. Muara danau dapat dijangkau dari Pantai Bambarano dengan jarak tempuh 1 kilometer. (kompas)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *