Cantik dan Jernihnya Pantai Gatra di Malang Selatan

Cantik dan Jernihnya Pantai Gatra di Malang Selatan

Cantik dan Jernihnya Pantai Gatra di Malang Selatan. Pantai Gatra, di Malang Selatan memang baru dibuka 2 bulan belakangan ini. Tapi, keindahannya tidak kalah dengan pantai lain di selatan Jawa. Pantai Gatra bisa jadi pilihan baru untuk liburan akhir pekan

Jalan yang berliku, bahkan hampir tidak nampak pemandangan pantai menjadi santapan mata kita saat dalam perjalanan menuju Pantai Gatra. Barisan bukit pun, seakan menutupi pantai-pantai di sini.

Pantai Gatra adalah salah satu pantai yang masih berada dalam kawasan konservasi mangrove di daerah Malang Selatan seperti pantai-pantai yang sudah terkenal seperti Segara Anakan, Pulau Sempu. Medan yang cukup berat pun, kami tempuh dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih 2 kilometer untuk menuju Pantai Gatra.

Sebenarnya Pantai Gatra tidak sendirian di kawasan ini, karena sebelum kita bisa sampai di Pantai Gatra kita terlebih dahulu akan bertemu dengan Pantai Clungup yang berjarak hanya sekitar 500 meter. Sayangnya, Pantai Clungup pada saat itu sedang surut jadi kami memutuskan untuk langsung ke Pantai Gatra.

Sebelum menuju pantai Gatra ini, kita terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai pengunjung di pos yang berada di tengah hutan mangrove. Di sana, kita akan didata jumlah perserta dan akan dikenakan sumbangan wajib sebesar 6.000 rupiah.

Pantai Gatra

Pantai Gatra

Sumbangan ini akan digunakan untuk pembelian bibit mangrove yang akan ditanam di sekitar kawasan pantai Gatra. Selain data pengunjung, petugas juga akan mendata barang bawaan pengunjung terutama yang bisa menimbulkan sampah seperti botol air mineral, bungkus makanan, dll. Jika ada sampah yang tertinggal maka akan dikenakan denda oleh petugas.

Dalam perjalanan menuju pantai Gatra, kita akan melewati hutan dan jalan yang cukup terjal serta lapangan berpasir yang sebagian sudah ditanami tanaman mangrove. Cuaca yang cukup panas, dan letih karena trekking yang cukup jauh tidak membuat kita patah semangat untuk melakukan perjalanan ini.

Oh iya, selain Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Kawasan ini juga digunakan untuk menuju Pantai Tiga Warna yang tidak kalah cantik-nya. Bagi traveler yang senang main ke pantai, tidak ada salah-nya untuk mampir ke kawasan ini karena traveler tidak hanya akan menemukan satu pantai tapi, langsung tiga pantai tersambangi. Keren!

Yang paling penting, para traveler yang berkunjung ke tempat wisata seperti Pantai Gatra terutama ke daerah kawasan konservasi sebaiknya memperhatikan baik-baik kelestarian lingkungan sekitarnya. Tidak meninggalkan sampah adalah termudah yang bisa kita lakukan supaya alam kita tetap lestari dan indah untuk dinikmati.(detik)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *