Bukit Pergasingan, Tempat Wisata Baru yang Sungguh Menakjubkan

Bukit Pergasingan, Tempat Wisata Baru yang Sungguh Menakjubkan

Bukit Pergasingan, Tempat Wisata Baru yang Sungguh Menakjubkan. Tempat wisata di Lombok kian hari makin banyak dikenal orang. Makin banyak pula wisata baru di lombok bermunculan. Salah satunya adalah Bukit Pergasingan, salah satu bukit keren di Lombok yang memiliki pemandangan begitu indah.

Bukit Pergasingan yang ada di Lombok ini memang menawan. Apalagi biasanya bukit keren yang satu ini dimanfaatkan sebagai salah satu tempat pemanasan sebelum naik ke Gunung Rinjani. Atau bisa juga sebagai alternatif pendakian jika misalnya jalur pendakian Gunung Rinjani sedang ditutup.

Memang dari bukit dengan ketinggian 1700 mdpl ini, Gunung Rinjani terlihat kokoh berada di dekatnya. Jadi, untuk yang belum bisa naik ke Gunung Rinjani, mendaki bukit pergasingan bisa menjadi obat yang ampuh sebelum merengkuh puncak rinjani yang sebenarnya.

bukit pergasingan

bukit pergasingan

Bukit Pergasingan ini letaknya tak jauh dari Gunung Rinnjani, tepatnya berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika kalian ingin menuju kebukit ini, waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Sembalun dari Kota Mataram sendiri bisa ditempuh selama sekitar 2-3 jam.

Sesampainya disana, kalian akan disambut tulisan “Selamat Datang di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan”. Tak berapa lama dari pintu masuk tadi, baru titik pendakian ke Bukit Pergasingan dimulai.

Pendakian tak sesulit seperti pendakian di gunung, meskipun kalian harus tetap berhati-hati ketika naik. Menuju puncak bukit Pergasingan, kalian akan dimudahkan dengan keberadaan anak tangga yang berjumlah ratusan buah, baru kemudian mendaki melewati jalur tanah berbatu. Berhati-hatilah, karena jalur dengan kemiringan berkisar 60-70 derajat akan menyambut kalian dengan penuh tantangan.

bukit pergasingan

bukit pergasingan

bukit pergasingan

Untuk memulai petualangan di Bukit Pergasingan, kalian nanti harus membayar tiket masuk sebesar IDR 15.000 kepada pengelola Bukit Pergasingan. Tiketnya nggak terlalu mahal, apalagi hasil dari penjualan tiket akan digunakan dengan bermanfaat.

Pengelola wisata baru di Lombok ini adalah para pemuda setempat yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC). Nantinya uang tiket kalian akan dipergunakan dengan bijak untuk menjaga kelestarian bukit Pergasingan agar tetap terawat.

Bukit Pergasingan ini bisa dibilang salah satu tempat wisata yang keren di Lombok. Karena pemandangan yang bisa dilihat sepanjang pendakian hinggga sampai puncak bukit amat beragam. Misalnya yang paling keren adalah pemandangan persawahan yang membentuk pola kotak-kotak, Gunung Rinjani yang kokoh, pemukiman Desa Sembalun yang tenang, hingga lanskap perbukitan yang begitu indah.

Perlu diketahui kalau Bukit Pergasingan ini berada pada ketinggian 1700 mdpl sementara itu Desa Sembalun sendiri berada pada ketinggian sekitar 1100-an mdpl. Jadi kira-kira ketinggian yang harus kalian daki hanyalah sekitar 600 meter. Gampang bukan?

Memang pendakian bukit ini tidak begitu berat, untuk pendakian normal, kira-kira bisa ditempuh selama 2-3 jam jalan kaki saja. Karena itu, mendaki Bukit Pergasingan ini cocok sekali buat kalian yang ingin naik Rinjani. Untuk pemanasan terlebih dahulu deh!

Selain itu, ketika kalian sudah di puncak, sebaiknya kalian camping saja disana. Karena pemandangan matahari terbit dan pagi hari di Bukit Pergasingan ini begitu cantik luar biasa. Hanya saja, satu yang perlu kalian ingat dan catat baik-baik! Jangan pernah buang sampah sembarangan atau bahkan meninggalkan sampah di Bukit Pergasingan ini!(liburmulu)

You May Also Like

2 comments on “Bukit Pergasingan, Tempat Wisata Baru yang Sungguh Menakjubkan”

  1. Pingback: Berfoto “Kekinian” di Rumah Pohon Urongo Tondano, Mirip Wisata Kalibiru Jogja – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Pulau Bawah Anambas, Salah Satu Pulau Tropis Terindah Se-Asia – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *