Berkunjung Ke Museum Mini Sisa Hartaku di Lereng Gunung Merapi

Berkunjung Ke Museum Mini Sisa Hartaku di Lereng Gunung Merapi

Berkunjung Ke Museum Mini Sisa Hartaku di Lereng Gunung Merapi – Berwisata ke museum biasanya akan mengngatkan kita dengan masa-masa terdahulu yang berkaitan dengan sejarah. Biasanya, museum berisi berbagai peninggalan dari masa lampau yang sudah tergolong unik dan juga mengandung makna yang bisa kita ambil didalamnya. Namun, museum yang satu ini berbeda dengan museum yang sudah ada pada umumnya. Inilah Museum Mini Sisa Hartaku yang terletak di lereng gunung merapi, Yogyakarta.

Museum Mini Sisa Hartaku - benda meleleh

Museum Mini Sisa Hartaku ini berada di daerah Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Sebenarnya, museum mini ini adalah rumah milik pasangan Kimin dan Wati dan anaknya Sriyanto yang merupakan salah satu dari ratusan korban letusan gunung merapi 2010 silam.

Museum mini sisa hartaku - kerangka hewan

Sriyanto, mengisahkan awalnya keluarga tak terbersit ingin membangun rumah mereka sebagai mmuseum. Apalagi, harta benda mereka telah ludes dilanda awan panas dan lava Merapi. Usai dinyatakan aman, sekitar April 2011, Riyanto berupaya membersihkan rumahnya. Dia mengaku ingin merawat rumah meski saat itu tinggal rerentuhaan. Baginya meski sudah hancur, rumah adalah ‘benda pusaka’, sebab dibangun dengan jerih payah keluarga.

Museum Mini Sisa Hartaku - Jam Dinding

Di Museum Mini Sisa Hartaku ini, Anda bisa melihat benda-benda yang tersisa setelah tragedi meletusnya Gunung Merapi. Salah satunya adalah jam dinding yang menunjukkan waktu pukul 00.05 WIB, yaitu waktu terjadinya erupsi Gunung Merapi yang melanda rumah tersebut.

museum mini sisa hartaku - gamelan

Selain jam dinding, ada juga kerangka hewan ternak yang dipajang di pintu masuk museum mini ini, bangkai motor serta gamelan yang terbakar dan beberapa benda lainnya yang menjadi saksi bisu keganasan letusan Gunung Merapi yang melanda Sleman, Yogyakarta.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda pasti akan merasakan bagaimana kesedihan yang dirasakan oleh para korban letusan Gunung Merapi yang terjadi 2010 silam.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *