Air Terjun Tegenungan dengan Keindahannya yang Menawan

Air Terjun Tegenungan dengan Keindahannya yang Menawan

Air Terjun Tegenungan dengan Keindahannya yang Menawan. Bali tidak hanya terkenal akan seni budaya yang sangat unik, tetapi memiliki alam yang sungguh indah dan mampu menarik pengunjung untuk datang kembali ke Bali. Objek wisata alam air terjun merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Bali. Hampir semua kabupaten di Bali memiliki objek wisata air terjun dan salah satunya tempat wisata air terjun tegenungan ada di kabupaten Gianyar. 

Air terjun tegenungan berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jika Anda datang dari kawasan Kota Denpasar jaraknya hanya sekitar 16 km atau memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan bermotor. Dari Denpasar arahkan kendaraan Anda menuju Pasar Seni Sukawati. Setelah melewati Pasar Seni Sukawati, teruskan perjalanan Anda hingga sampai dipertigaan jalan Raya Sakah yang terdapat sebuah patung berbentuk bayi raksasa (Patung Rare Kumara), lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Kemenuh. Setelah tiba di jalan Raya Kemenuh akan menemukan perempatan jalan dengan lampu merah dan ada penunjuk arah ke Tegenungan. Dari perempatan tersebut, Anda belok kanan menuju Jalan Raya Ir. Sutami. Setelah menyusuri Jalan Raya Ir. Sutami maka akan menemukan tanda “Objek Wisata Waterfall (Air Terjun) Tegenungan”. Lalu berbelok ke kiri kemudian ikuti jalan tersebut untuk menuju area parkir air terjun Tegenungan.

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan

Di sekitar air terjun Tegenungan memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pepohonan yang menghijau. Untuk mencapai di air terjun yang tingginya kurang lebih 40 meter itu, dari tempat parkir Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang sudah tertata dengan baik. Anda juga harus menyusuri tepian Tukad (sungai) Petanu untuk melihat air terjun dari jarak yang lebih dekat.

Tempat wisata air terjun Tegenungan merupakan objek wisata air terjun yang paling dekat dengan Kota Denpasar memiliki air yang bersih dan bening jika tidak musim hujan, karena pada saat musim hujan airnya akan menjadi keruh. Adapun aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun Tegenungan yakni duduk santai di atas batu untuk menikmati indahnya air terjun dan mendengar jatuhnya air, bisa juga mandi atau sekedar bermain-main air, dan berfoto-foto untuk mengabadikan momen-momen indah.

Karena air terjun tegenungan merupakan objek wisata maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas pendukung seperti area parkir yang cukup luas yang mampu menampung kendaraan roda dua maupun roda empat, terdapat warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan, terdapat restoran dan vila di sekitar air terjun tegenungan. Dari warung-warung sederhana yang tersedia di sekitar area parkir, Anda bisa menikamti makanan atau minuman sambil menyaksikan keindahan objek wisata air terjun Tegenungan dari kejauhan.

Selain itu, di dekat air terjun Tegenungan telah dibangun tempat-tempat pemandian dengan beberapa pancuran yang berasal dari mata air alami. Penduduk sekitar sering mandi dan mengambil air untuk konsumsi sehari-hari di pemandian tersebut, terutama pada pagi dan sore hari. Kalau Anda mau, Anda juga bisa mandi di sana. Selain wisatawan mancanegara, dalam musim liburan objek wisata tersebut juga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal sekitar Gianyar, Denpasar dan Klungkung. Anda harus mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp. 5000 untuk anak-anak dan Rp. 10.000,00 untuk orang dewasa.(longtripmania)

You May Also Like

2 comments on “Air Terjun Tegenungan dengan Keindahannya yang Menawan”

  1. Pingback: Pulau Tikus Bengkulu, Destinasi Cantik yang Wajib Dikunjungi – Wisata Indonesiana

  2. Pingback: Yuk Berkunjung ke Curug Cinulang yang Masih Asri dan Indah – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *