5 Tempat Wisata Indonesia Mirip Wisata Luar Negeri

5 Tempat Wisata Indonesia Mirip Wisata Luar Negeri

5 Tempat Wisata Indonesia Mirip Wisata Luar Negeri – Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bentang alamnya yang luas menjadikan Indonesia memiliki berbagai macam pemandangan alam yang indah. Dari sekian banyak tempat wisata di Indonesia, ada beberapa di antaranya yang mirip dengan tempat-tempat di luar negeri sehingga para wisatawan pun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, biaya traveling pun menjadi hemat.

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo dengan Gurun Sahara

1.1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

1.2. Gurun Sahara_115577248

Gurun Sahara, Afrika

Siapa sangka Indonesia juga punya padang pasir seperti di Mesir? Di pesisir selatan Yogyakarta, tak jauh dari Pantai Parangtritis terdapat gundukan pasir yang disebut-sebut mirip dengan Gurun Sahara, bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat ini sangat unik, karena fenomena ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

Proses terbentuknya pun unik, yaitu dari abu vulkanik Gunung Merapi yang terbang ke arah laut dan menyatu dengan air dan membentuk gundukan pasir halus. Cuaca di sini juga mirip dengan di gurun, sangat terik saat siang hari dan sangat dingin saat malam hari. Anda dapat melakukan sand boarding atau ski yang dilakukan di atas hamparan pasir.

 

  1. Taman Nasional Baluran dengan Padang Savana di Afrika

2.1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Jawa Barat

2.2. Padang Savana Afrika

Padang Savana di Afrika

Ingin menikmati hamparan savana dan melihat satwa berinteraksi di alam liar? Tak perlu jauh-jauh pergi ke Afrika, Anda cukup datang ke Taman Nasional Baluran yang terletak di Situbondo, Jawa Timur. Taman nasional seluas 300 hektar ini merupakan padang savana terluas di Pulau Jawa.

Taman ini juga merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, seperti banteng, rusa, macan tutul, monyet, dan berbagai jenis burung. Mereka bebas berkeliaran di hamparan rerumputan berwarna keemasan. Dengan dilatari Gunung Baluran yang mirip dengan Gunung Kilimanjaro di Afrika semakin menjadikan taman nasional ini kerap dijuluki African van Java.

 

  1. Monumen Simpang Lima Gumul dengan Arc De Triomphe Paris

3.1. Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri

3.2. Arc de triomphe_170524391

Arch de Triomphe, Paris

Monumen Simpang Lima Gumul merupakan sebuah monumen di Kediri yang memiliki struktur bangunan mirip dengan Arc De Triomphe di Paris. Monumen yang menjadi ikon kota Kediri ini memiliki luas sebesar 804 meter persegi dengan tinggi 25 meter. Terdapat relief sederhana yang menggambarkan sejarah dan kebudayaan Kediri.

Sedikit berbeda dengan Arc de Triomphe di Paris yang merupakan monumen peringatan bagi pahlawan Perancis yang gugur saat revolusi Perancis, maka Simpang Lima Gumul merupakan monumen simbol pembangunan.

 

  1. Green Canyon dengan Grand Canyon

4.1. green canyon

Cukang Taneuh/ Green Canyon, Jawa Barat

4.2. Grand Canyon_4188448

Grand Canyon, Colorado

Jika Amerika punya Grand Canyon, maka Indonesia punya Green Canyon. Tempat yang bernama asli Cukang Taneuh ini memiliki struktur yang mirip dengan ngarai raksasa di Colorado, dimana terdapat aliran sungai berwarna hijau yang diapit dengan bebatuan besar serta pepohonan yang rimbun.

Anda tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati aliran sungai hijau nan asri. Cukup datang ke Desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat yang terletak tak jauh dari Pangandaran. Ngarai ini memang tak sebesar Grand Canyon di Amerika, namun lebih hijau dan tidak gersang.

 

  1. Derawan dengan Maldives

5.1. Pulau Derawan

Pulau Derawan, Kalimantan

5.2. Maldives_188002211

Kepulauan Maladewa, Samudera Hindia

Dijuluki sebagai Surga Yang Tertinggal menjadikan Maldives atau Maladewa sebagai tempat liburan yang diimpikan banyak orang. Tempat ini terkenal dengan pantainya yang biru jernih dan eksotis. Namun, tak perlu jauh-jauh pergi ke Maldives untuk mendapatkan pemandangan itu semua, cukup datang ke Pulau Derawan di Kalimantan.

Sama seperti Maldives, Pulau Derawan juga memiliki pantai pasir putih nan halus dengan laut biru yang jernih sebagai pemandangannya. Pulau ini juga dikenal dengan alam bawah lautnya yang beraneka ragam. Berbagai spesies laut dapat Anda temukan di sini, seperti ikan pari, kura-kura raksasa, ikan hiu, dan penyu sisik.

You May Also Like

One comment on “5 Tempat Wisata Indonesia Mirip Wisata Luar Negeri”

  1. Pingback: Menikmati 5 Pantai Eksotis dalam Satu Hari di Sawarna – Wisata Indonesiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *