10 Destinasi Wisata Indonesia ini Akan Jadi Penerus Bali

10 Destinasi Wisata Indonesia ini Akan Jadi Penerus Bali

10 Destinasi Wisata Indonesia ini Akan Jadi Penerus Bali – Sejak lama, Bali telah menjadi destinasi wisata pilihan. Banyak orang barat tahu Bali, tapi tak mengenalnya sebagai bagian dari Indonesia. Tahun 2016, Bali mendapatkan beberapa penghargaan. Masuk dalam daftar 10 destinasi wisata terpopuler 2016, 10 Pulau Terbaik 2016, bahkan Ubud jadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia.

Popularitas Pulau Dewata memang tak perlu diragukan. Padahal sebenarnya, Indonesia masih punya destinasi wisata lain yang tak kalah indah dari Bali.

Untuk memasarkan objek wisata lain di kancah internasional, Kementerian Pariwisata pun menetapkan 10 destinasi wisata lain yang akan jadi penerus Bali. Pemerintah pun melakukan percepatan pembangunan guna menunjang pengembangan industri pariwisata di seluruh daerah ini.

“Ada 10 destinasi yang akan kita gencarkan untuk menjadi the next Bali yang tentunya menarik wisatawan,” tutur Nurdiansyah, Asisten Deputy Director Kementerian Pariwisata di Imago Mall, Kinabalu, Malaysia, dikutip Okezone.

Berikut ini 10 destinasi wisata yang masuk Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK).

1. Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang memiliki pemandangan matahari terbit yang indah. Selain itu tumpukan batu granit juga menjadi keunikan pantai ini.

Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Tanjungpandan, sekitar 25 kilometer dari Jalan Pattimura/Pantai Tanjung Pendam.

Kelak, kawasan wisata seluas 324,4 hektar ini akan dikembangkan dan dikelola konsorsium swasta.

Tanjung Kelayang
Tanjung Kelayang
© Anges van der Logt /Shutterstock

2. Danau Toba

Keindahan danau vulkanik serta desa-desa tradisional di sekitar danau bisa jadi pilihan wisata yang menarik untuk wisatawan mancanegara. Danau Toba dan Pulau Samosir masih dikategorikan sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia, dan bukan tidak mungkin dunia.

“Membanggakan. Tujuh bupati sepakat membangun Danau Toba. Toba akan jadi tujuan wisata dunia,” tulis Presiden Jokowi dalam akun twitternya setelah meninjau kesiapan pengembangan industri pariwisata di sana.

3. Tanjung Lesung

Pantai yang terletak di Banten ini memiliki pasir putih, pepohonan rimbun, serta pemandangan Gunung Krakatau. Pelancong juga bisa bertandang ke kediaman Suku Badui untuk melihat kehidupan tradisional di sana.

4. Gunung Bromo, Tengger, dan Semeru

Di Gunung Bromo, wisatawan dapat menikmati keindahan alam di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Mulai dari melihat padang pasir juga padang rerumputan yang luas. Selain itu, pemandangan ketika matahari terbit dan terbenam juga jadi favorit para pengunjung.

Tepat 1 Mei 2016, pendakian Gunung Semeru kembali dibuka, dengan beberapa persyaratan.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.
© Aries Andrianto /Tempo

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu menyimpan beragam keindahan, wisatawan dapat berkeliling ke pulau-pulau yang ada di sana, seperti Pulau Macan, Pulau Tidung, Pulau Semak, Pulau Bira, Pulau Pari, Pulau Harapan, dan beberapa pulau lainnya.

6. Borobudur

Candi Borobudur di Jawa Tengah bisa menarik kunjungan wisatawan. Di candi Buddha terbesar di Indonesia ini pengunjung juga dapat menikmati momen terbit dan terbenamnya matahari sambil belajar soal sejarah candi tersebut.

7. Mandalika

Mandalika yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini tengah dipersiapkan untuk jadi penerus Bali. Rencananya, akan dibangun 8.000 hingga 10.000 kamar hotel untuk mengakomodasi pariwisata nusantara.

Pantai Aan, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Pantai Aan, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
© Supriynatho Khafid /Tempo

8. Labuan Bajo

Ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di Labuan Bajo, misalnya Pulao Koaba, Pulau Kanawa, Pulau Padar, Pulau Kukusan, dan beberapa objek wisata lain.

9. Pulau Morotai

Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, yang masuk dalam Provinsi Maluku Utara, Indonesia Timur. Objek wisata menarik di pulau ini antara lain peninggalan perang seperti gua persembunyian, landasan pesawat, juga kendaraan lapis baja yang masih utuh. Selain itu, Morotai punya 25 titik menyelam seperti Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau.

10. Wakatobi

Wakatobi merupakan tempat yang cocok untuk wisatawan pencinta keanekaragaman hayati. Di sana terdapat berbagai jenis ikan dan terumbu karang, dan beberapa jenis burung laut. (beritagar)

Baca juga:

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *